Home » Negara Tetangga Indonesia yang Pro-Israel

Negara Tetangga Indonesia yang Pro-Israel

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Dalam perang Israel dengan kelompok militan Hamas, negara-negara adidaya seperti Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Prancis dan negara-negara Eropa lainnya jelas keluar dan menunjukkan diri kepada dunia sebagai sekutu Israel.

Akan tetapi, sebetulnya bukan hanya negara-negara Eropa atau Amerika itu yang mendukung Israel. Di Indonesia, Israel memang dikecam atas perang tersebut. Tak ada hubungan diplomatik yang dibentuk antara Indonesia dengan Israel hingga hari ini atas dasar komitmen negara ini terhadap kemerdekaan Palestina.

Akan tetapi, lain dengan Indonesia, beberapa negara tetangga justru adalah kawan dekat Israel. Berikut adalah 3 negara tetangga Indonesia yang mendukung Israel.

  • Singapura

Dalam tulisan bertajuk “A Special Relationships that Continues to Grow”, Winston Choo menyebut bahwa Singapura dan Israel memiliki hubungan khusus yang awalnya lahir karena keterhubungan kepentingan antar kedua negara itu.

Dari pihak Singapura, sebagai negara yang baru merdeka dengan sumber daya terbatas, mereka membutuhkan bantuan Israel untuk membangun angkatan bersenjata. Sebaliknya di sisi Israel,  saat bersamaan mereka mencari afiliasi untuk perluasan pengaruh dan sayap politik.

Persahabatan dua negara yang berasal dari wilayah berbeda ini telah berkembang menjadi persahabatan yang dilandasi oleh saling pengertian dan rasa hormat.

  • Australia

Meskipun bukan negara Asia Tenggara, Australia tetap menjadi negara tetangga yang dekat dengan Indonesia.

Negara Benua ini juga diketahui berada di pihak Israel sejak negara Yahudi itu mengumumkan kemerdekaannya pada tahun 1948.

Tidak tanggung-tanggung, kedekatan Australia dengan Israel bahkan sampai membuat negara itu sempat melindungi Israel dari pengawasan internasional atas pembunuhan dan pencederaan warga Palestina.

Tidak hanya itu, Australia juga memberikan perlakuan khusus pada Israel dengan cara memberikan kebebasan dan perlindungan pada orang Yahudi di Australia agar tidak menghadapi konsekuensi hukum atas pelanggaran HAM.

Aksi pasang badan Australia untuk Israel tersebut oleh menurut laman Jacobin, membuat betapa negara itu terisolasi secara diplomatis.

Lantas, Australia dinilai unik secara global dalam dukungannya yang konsisten terhadap Israel di forum-forum diplomatik seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa.

  • Myanmar

Dalam sebuah tulisan yang diunggah Tablet Magazine, disebutkan bahwa rekan pertama Israel di Asia bukanlah China, melainkan Burma atau Myanmar. Sejak awal, Israel dan Burma memiliki banyak kesamaan.

Kedua negara memperoleh kemerdekaan pada tahun 1948 setelah pemerintahan Inggris, dan bagi keduanya, kemerdekaan itu telah menciptakan banyak perselisihan. Eratnya persahabatan kedua negara ini dimulai setelah Myanmar memilih untuk menerima Israel ke dalam PBB pada akhir tahun 1949.

Tidak hanya Myanmar yang punya jasa terhadap Israel, negara Yahudi itu juga seakan menutup mata ketika di Myanmar terjadi isu kemanusiaan terhadap minoritas Muslim Rohingya.

Bahkan disebutkan jika Israel adalah negara yang mengizinkan perusahaan senjatanya untuk menjual senjata kepada militer Myanmar. Hal itu disebut-sebut berkaitan dengan pembantaian yang terjadi.

Akan tetapi, posisi ketiga negara ini tidak dalam rangka mendukung apa pun keputusan politik Israel. Singapura misalnya memiliki perhatian pada pelanggaran HAM dalam perang Israel – Hamas di Palestina.

Bahkan baru-baru ini Singapura dan Malaysia sepakat memberikan suara mendukung resolusi PBB untuk konflik Israel dan Hamas seperti dilansir laman The Straits Time.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts