Home ยป Airlangga Bertemu Pejabat Tinggi AS, Korsel, dan Jepang di IPEF Singapura

Airlangga Bertemu Pejabat Tinggi AS, Korsel, dan Jepang di IPEF Singapura

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, tiba di Singapura untuk menghadiri rangkaian acara penting dalam Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF), IPEF Clean Economy Investor Forum (CEIF), dan The 6th Bilateral Economic Working Groups (EWG) Ministerial Meeting.

Acara ini akan berlangsung di Marina Bay Sands, Singapura, dari tanggal 5 hingga 8 Juni 2024.

Pertemuan IPEF Ministerial Meeting kali ini akan fokus pada pembahasan tindak lanjut Pilar II (Supply Chain), serta penandatanganan Pilar III (Clean Economy), Pilar IV (Fair Economy), dan Overarching Agreement.

Selain agenda utama, Menko Airlangga juga dijadwalkan untuk menghadiri beberapa pertemuan bilateral dengan para Menteri dari negara anggota IPEF.

Agenda Bilateral Menko Airlangga

Mengawali rangkaian pertemuan bilateral, Menko Airlangga akan bertemu dengan US Secretary of Commerce, Gina Raimondo, pada Rabu, 5 Juni 2024 di Fullerton Hotel. Pertemuan ini akan membahas tindak lanjut Pilar II (Supply Chain), khususnya proses ratifikasi di masing-masing negara anggota IPEF.

Selain itu, Menko Airlangga juga akan mengadakan pertemuan bilateral dan penandatanganan MoU terkait Implementasi Article 6 pada Paris Agreement dengan Minister of Trade Korea Selatan. Menko Airlangga juga dijadwalkan untuk bertemu dengan State Minister of Japan, Tsuji Kiyoto.

Pertemuan dengan Pemimpin Singapura

Dalam rangkaian acara IPEF Ministerial Meeting, Menko Airlangga akan bertemu dengan Presiden Singapura, Tharman Shanmugaratnam, serta Perdana Menteri Singapura, Lawrence Wong, Deputi Perdana Menteri Singapura, Gan Kim Yong, dan jajaran pemerintahan Singapura lainnya.

Pertemuan ini diharapkan dapat memperkuat hubungan bilateral dan kerjasama ekonomi antara Indonesia dan Singapura.

Peran Menko Airlangga dalam CEIF

Di sela-sela acara Ministerial Meeting IPEF, Menko Airlangga akan menjadi panelis dalam Sustainable Infrastructure Dialogue pada Clean Economy Investor Forum (CEIF).

Dalam kesempatan ini, beliau akan memaparkan kebijakan Indonesia dalam menjalankan infrastruktur berkelanjutan.

Menko Airlangga akan didampingi oleh Sesmenko Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, bersama tim ahli dan jajaran pejabat Kemenko Perekonomian.

Kehadiran Menko Airlangga di acara ini diharapkan dapat mendorong peran penting Indonesia dalam IPEF serta meningkatkan kerjasama regional di Kawasan Indo-Pasifik, yang memberikan manfaat nyata bagi peningkatan ekonomi Indonesia.(AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts