Home ยป KPU Pakai Anggaran Pemilu Buat Sewa Private Jet, DPR Geram

KPU Pakai Anggaran Pemilu Buat Sewa Private Jet, DPR Geram

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjelaskan penggunaan anggaran Pemilu 2024 dalam rapat Dengar Pendapat dengan KPU, Bawaslu, dan Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) terkait rencana kerja dan anggaran Kementerian/Lembaga (RKA K/L) pada tahun 2025.

Doli mengaku menyesal melihat penggunaan anggaran Pemilu oleh KPU untuk hal-hal yang tidak berkaitan langsung dengan kepentingan kelembagaan.

โ€œKetika mendengar cerita anggota dewan yang lain, ini ada penyesalan bagi saya. Karena menurut saya, anggaran yang kami perjuangkan itu membuat gaya hidup bapak, ibu, menjadi mewah semuanya,โ€ kata Doli di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2024).

Beberapa penggunaan anggaran yang membuat anggota legislative tersebut adalah penggunaan anggaran Pemilu 2024 oleh KPU untuk rumah dinas, apartemen maupun fasilitas jet pribadi (private jet).

Selain itu, penggunaan anggaran untuk pembuatan film oleh KPU juga dipertanyakan. Diketahui, KPU telah membuat dua buah film untuk Pemilu 2024 dengan biaya tak sedikit. DPR mempertanyakan kemendesakan proyek tersebut.

โ€œCoba jelaskan sama kami apaย backgroundย (latar belakang) film itu dibuat danย output-nya apa? Seingat saya membuat film itu minimal Rp10 miliar. Sekarang sudah ada dua film. Bayangkan, dua film KPU buat dalam periode ini,โ€ kata Doli lagi.

โ€œKalau memang ini bagian daris sosialisasi, sejauh mana efeknya terhadap tujuan yang diinginkan,โ€ tambah Doli lagi.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts