Home » Ketua DPP PSI Sigit Widodo Protes Kehadiran Bawaslu di Grand Opening Gerai Sang Pisang di Depok

Ketua DPP PSI Sigit Widodo Protes Kehadiran Bawaslu di Grand Opening Gerai Sang Pisang di Depok

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu Kota Depok menjadi sorotan setelah mengirimkan anggota ke acara grand opening Gerai Sang Pisang di Sawangan, Depok, kemarin. Kehadiran Bawaslu dalam acara yang menjadi milik putra bungsu Presiden Joko Widodo alias Jokowi, Kaesang Pangarep, ini menuai protes dari Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Sigit Widodo.

“Saya heran, untuk apa Bawaslu mengirimkan anggota ke acara pembukaan sebuah gerai makanan? Apa yang mau diawasi?” ujar Sigit dalam keterangannya pada Rabu, (26/7/2023).

Meski acara grand opening Sang Pisang dihadiri oleh ratusan warga dan relawan yang ingin bertemu dan berswafoto dengan Kaesang, Sigit menilai bahwa Bawaslu tidak memiliki tugas dan wewenang untuk mengawasi pembukaan gerai makanan. Bawaslu, menurut undang-undang, seharusnya fokus pada pemeriksaan dan kajian dugaan pelanggaran pemilu di wilayahnya.

Menanggapi permintaan Bawaslu untuk mencopot spanduk di dekat lokasi acara, Sigit juga mempertanyakan relevansinya. Selain itu, ia menyoroti kehadiran anak sekolah dalam acara tersebut, yang menurutnya seharusnya tidak menjadi masalah karena warga negara memiliki hak untuk menyampaikan dukungan politik kepada siapa pun.

“Sang Pisang jelas bukan kampanye, kehadiran Bawaslu di sini terlihat seperti pemborosan uang rakyat,” tegas Sigit.

Sementara itu, PSI telah menyatakan dukungan kepada Kaesang Pangarep untuk maju dalam Pemilihan Wali Kota Depok 2024. Namun, hingga saat ini, Kaesang belum mengumumkan partai politik yang akan didukungnya untuk maju di Pilwakot. Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie, menyatakan bahwa pihaknya terus berkomunikasi dengan Kaesang dan yakin bahwa Kaesang memiliki potensi untuk membawa perubahan di Depok.

“Kami percaya bahwa Mas Kaesang dapat membawa perubahan positif jika maju dalam Pilkada Depok. Perubahan dibutuhkan mengingat tidak ada pencapaian signifikan dalam 20 tahun terakhir,” kata Grace.

Sementara itu, Kaesang sendiri belum memberikan keputusan resmi terkait kandidat partai yang akan diusungnya. Ia menyebut masih dalam tahap diskusi dan menunggu tanggal yang tepat untuk mengumumkan keputusannya.

Meskipun begitu, masyarakat dan para pendukung Kaesang telah menunjukkan antusiasme yang tinggi, menurut pantauan di acara grand opening Sang Pisang yang dimeriahkan oleh kehadiran artis dan selebriti. (AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts