Home » Pos Kalilapar Buka Taman Baca di Perbatasan RI-PNG untuk Generasi Muda Papua

Pos Kalilapar Buka Taman Baca di Perbatasan RI-PNG untuk Generasi Muda Papua

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Sektor Utara Yonif 122/TS, yang berada di bawah naungan Korem 172/PWY Pos Kalilapar, telah meluncurkan program Taman Baca di Pos 4/C Kalilapar, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua, Sabtu (9/9/2023).

Inisiatif ini merupakan langkah berani dalam rangka meningkatkan minat baca, terutama di kalangan generasi muda di pedalaman Papua. Danpos Kalilapar, Letda Inf Hadi Suroto, menyampaikan hal ini dalam sebuah pernyataan resmi.

Menurut Danpos Kalilapar, ini adalah kali pertama sebuah Taman Baca diresmikan di Pos Kalilapar dan telah mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat, termasuk anak-anak, remaja, dan orang tua.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membangun minat baca dan memperluas wawasan bagi penduduk di Kalilapar. Selain itu, ini juga menjadi langkah konkrit dalam upaya memberantas buta aksara di kalangan masyarakat Indonesia, terutama di Kalilapar yang terpencil dan jauh dari sekolah-sekolah seperti SD, SMP, atau SMA. Taman Baca ini telah disiapkan sejak sebelum tim kami berangkat ke daerah penugasan, dan koleksi bukunya mencakup berbagai tingkatan pendidikan, mulai dari SD hingga SMA,” ujar Danpos.

Di sisi lain, wakil dari masyarakat Kampung Kalilapar, Bapak Ondo Jhoni Maunda, menyampaikan rasa terima kasih atas upaya Personel Pos Kalilapar yang telah membuka Taman Baca ini untuk meningkatkan wawasan dan minat baca anak-anak serta masyarakat Kalilapar.

“Terima kasih kepada Bapak-Bapak TNI, khususnya Pos Kalilapar dari Yonif 122/TS, semoga Taman Baca ini terus berkembang dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat Kalilapar. Saya sangat bahagia melihat antusiasme anak-anak kami dalam membaca buku karena inisiatif ini adalah sesuatu yang benar-benar baru,” ungkapnya.

Inisiatif positif Pos Kalilapar ini diharapkan akan membawa perubahan signifikan dalam mendorong minat baca dan meningkatkan pengetahuan di kalangan masyarakat Kalilapar, khususnya anak-anak. Taman Baca ini adalah langkah yang luar biasa dalam mendukung pendidikan dan pemahaman di daerah yang terpencil ini. (AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts