Home ยป Kasad Resmikan Gedung Wargaming System Seskoad untuk Meningkatkan Profesionalisme Prajurit

Kasad Resmikan Gedung Wargaming System Seskoad untuk Meningkatkan Profesionalisme Prajurit

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, melakukan peresmian Gedung Wargaming System (Pusat Olah Yudha) di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) Bandung.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan profesionalisme prajurit di era modern yang kian menuntut keterampilan teknologi militer yang unggul.

Dalam sambutannya, Kasad menekankan perlunya perubahan dan pengembangan sistem pendidikan serta latihan di tingkat Seskoad. Hal ini sejalan dengan tuntutan era perang modern saat ini yang menuntut personel yang kompeten dalam bidang teknologi militer.

Jenderal bintang empat tersebut juga mengungkapkan bahwa doktrin pertempuran dan latihan telah mengalami transformasi menjadi taktik pertempuran perang kota yang mengharuskan daerah latihan sesuai dengan kondisi terkini.

โ€œKe depan, kita harus update! Kita juga harus melakukan pengembangan taktik bertempur yang sesuai dengan doktrin pertempuran TNI AD,โ€ tegas Kasad, Kamis (14/9/2023).

Dalam visinya, Kasad berharap Seskoad, sebagai penyelenggara pendidikan dan pengembangan umum tertinggi di TNI AD, dapat menyesuaikan diri untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan latihan bagi perwira siswanya.

Wargaming System adalah sebuah sistem aplikasi yang terdiri dari komponen besar yang saling terhubung dan menginduk pada server dalam pengolahan data. Semua materi latihan untuk menyusun dan melakukan simulasi skenario rencana operasi militer, sesuai dengan doktrin dan proses pengambilan keputusan militer, tersedia dalam server tersebut.

Sistem ini menjadi sarana latihan yang hampir seluruh komponennya dapat digunakan oleh seluruh prajurit TNI AD, bahkan beberapa modul juga dapat digunakan oleh instruktur. Semua modul tersebut terpusat di server yang berisi data karakteristik dari semua peralatan simulasi.

Kasad berharap bahwa aplikasi Wargaming System ini akan meningkatkan profesionalisme prajurit di era modern, baik selama pendidikan maupun di satuan kerja.

Selain itu, aplikasi ini akan mendukung pengujian terhadap doktrin, taktik, dan strategi secara lebih efektif dan efisien. Dengan teknologi terkini dan sistem komputer canggih yang mengontrol penuh, Wargaming System diprediksi akan meningkatkan kemampuan prajurit TNI AD.

Dengan peresmian Gedung Wargaming System ini, TNI AD telah mengambil langkah penting dalam mempersiapkan prajuritnya untuk menghadapi tantangan di era modern yang semakin kompleks. (AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts