Home ยป Lolos Kualifikasi, Timnas Indonesia U-23 Terancam Berada di Grup Neraka

Lolos Kualifikasi, Timnas Indonesia U-23 Terancam Berada di Grup Neraka

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Timnas Indonesia U-23 mencatatkan prestasi luar biasa dalam sejarah sepakbola Indonesia. Dengan penampilan yang mengesankan, tim Garuda Muda Nusantara berhasil lolos ke putaran final Piala Asia U-23 di Qatar.

Selama babak kualifikasi, Indonesia meraih kemenangan sempurna dengan memenangkan kedua pertandingannya melawan China Taipei dan Turkmenistan. Indonesia mengalahkan China Taipei dengan skor telak 9-0 dan juga mengalahkan Turkmenistan dengan skor 2-0.

Sebanyak 16 tim berhasil lolos ke putaran final Piala Asia U-23, termasuk empat negara dari ASEAN, yaitu Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

Meskipun prestasi gemilang ini, Indonesia dihadapkan pada kemungkinan untuk ditempatkan dalam grup yang sulit dalam putaran final Piala Asia U-23.

Menurut informasi dari AFC, Indonesia saat ini tergabung dalam pot empat bersama dengan Malaysia, Tajikistan, dan China. Penting untuk dicatat bahwa Indonesia berada di pot empat karena peringkat FIFA-nya yang terbilang rendah dibandingkan dengan negara-negara Asia lainnya.

Dengan posisinya di pot empat, Indonesia memiliki potensi besar untuk ditempatkan dalam satu grup dengan tim-tim kuat seperti Jepang, Korea Selatan, dan Uni Emirat Arab. Selain itu, Indonesia juga berisiko ditempatkan dalam satu grup dengan dua rival dari Asia Tenggara, yaitu Vietnam dan Thailand.

Berikut adalah pembagian pot Piala Asia U-23 Qatar:

Pot satu berisi tim-tim kuat seperti Qatar, Arab Saudi, Uzbekistan, dan Jepang. Pot dua berisi Vietnam, Australia, Korea Selatan, dan Irak. Pot tiga berisikan Thailand, Yordania, Uni Emirat Arab, dan Kuwait.

Dalam aturan pengundian Piala Asia 2023, tim yang berada dalam satu pot tidak akan ditempatkan dalam satu grup. Dengan kata lain, perwakilan dari pot 1 hingga 4 akan tersebar di grup yang berbeda. Hal ini berarti bahwa Indonesia kemungkinan besar tidak akan berada dalam satu grup dengan Malaysia.

Skenario terbaik untuk Indonesia saat ini agar dapat mempertahankan peluang lolos adalah jika mereka ditempatkan dalam satu grup bersama Uzbekistan, Vietnam, dan Thailand.

Pengundian grup Piala Asia akan dilaksanakan pada tanggal 16 November 2023. (YG)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts