Home ยป Puncak Peringatan HUT Ke-78 TNI: Pagelaran Wayang Kulit Serentak di 78 Titik

Puncak Peringatan HUT Ke-78 TNI: Pagelaran Wayang Kulit Serentak di 78 Titik

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Bandung, Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., beserta Prajurit Lanal Bandung turut menjadi bagian dari acara puncak Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 TNI, pada Jumat (6/10/2023).

Acara yang menampilkan Pagelaran Wayang Kulit serentak di 78 titik ini adalah salah satu cara unik untuk merayakan momen bersejarah ini.

Salah satu lokasi pelaksanaan Pagelaran Wayang Kulit adalah di Wilayah Kogartap II Bandung, dengan lakon yang menarik, yaitu โ€œBimo Krido.โ€ Pertunjukan berlangsung di Graha Tirta Siliwangi, Jalan Lombok No.10, Kota Bandung, yang dipadati oleh berbagai tokoh dan masyarakat pada malam yang bersejarah ini.

Acara ini tidak hanya dihadiri oleh Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Bandung, tetapi juga oleh jajaran Forkopimda Provinsi Jawa Barat, Pangdam III/Slw, Wadansesko TNI, Danseskoad, Kapolda Jabar, Kasgartap II/Bandung, Kasdam III/Slw, Wakapolda Jabar, Dandim 0618/KB, TNI-Polri Wilayah Kogartap II Bandung, serta masyarakat umum yang turut meramaikan peringatan ini.

Mengusung tema โ€œTNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju,โ€ Pagelaran Wayang di 78 titik memainkan lakon yang sama, yaitu Bimo Krido.

Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono, yang hadir secara daring, mengungkapkan, โ€œMalam hari ini kita merayakan acara hiburan walaupun didalamnya ada tuntunan maupun tontonan, dan hiburan wayang pada malam hari ini dilaksanakan secara serentak di 78 wilayah.โ€

Yang membuat perayaan ini semakin istimewa adalah bahwa Pagelaran Wayang Kulit ini tidak hanya diselenggarakan di dalam negeri, melainkan juga di luar negeri, seperti Amerika Serikat, Suriname, dan Malaysia.

โ€œIni kita laksanakan serentak, mudah-mudahan bisa memberikan hiburan kepada seluruh masyarakat semuanya dan juga wujud kebersamaan TNI bersama rakyat,โ€ ungkap Panglima TNI.

Acara Pagelaran Wayang Kulit secara simbolis ditandai dengan penyerahan Tokoh Wayang dari Pangdam III/Siliwangi kepada Dalang. Masyarakat pun sangat antusias memadati ruang Graha Tirta Siliwangi untuk merayakan peringatan HUT ke-78 TNI melalui pertunjukan yang spektakuler ini. Peringatan ini tidak hanya menjadi momen bersejarah, tetapi juga menyatukan TNI dan rakyat dalam semangat persatuan dan kebersamaan yang erat. (AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts