Home » Menimbang Kembali Hubungan dengan Ankara, Israel Menarik Diplomat dari Turki

Menimbang Kembali Hubungan dengan Ankara, Israel Menarik Diplomat dari Turki

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Erdogan terus mengulang pernyataannya bahwa Hamas bukanlah organisasi teroris.

Anggota Partai Persatuan Nasional, Gideon Sa’ar, bahkan menyebut Erdogan sebagai salah satu antisemit terbesar di generasi kita.

Salah satu reaksi Israel atas ketidaksedapan relasi dengan Turki ialah meinmbang kembali hubungan diplomatik kedua negara itu.

Diketahui, Menteri Luar Negeri Israel, Eli Cohen, pada hari Sabtu (28/10/2023) memanggil perwakilan diplomatik Israel dari Turki untuk melakukan tinjauan ulang terhadap hubungan Israel-Turki, melalui sebuah pernyataan yang dibuatnya di X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter).

Pernyataan ini disampaikan Cohen tak lama setelah Presiden Turki Tayyip Erdogan mengulangi pernyataannya bahwa Hamas bukanlah organisasi teroris dan menggambarkan Israel sebagai penjajah.

Erdogan menyampaikan pidato ini di salah satu demonstrasi pro-Palestina terbesar, yang berlangsung di Istanbul sejak perang Israel-Hamas dimulai. Erdogan menyebut kelompok teroris itu sebagai “pejuang kemerdekaan” minggu ini.

Anggota Partai Persatuan Nasional, Gideon Sa’ar, menulis bahwa Erdogan adalah Erdogan yang sama dan wajib menampilkan dia apa adanya: pelindung Hamas, penghasut, pembenci Israel, dan salah satu antisemit terbesar di generasi kita.

“Dia akan selalu berusaha mendapatkan legitimasi ketika dia membutuhkan dan bergabung dengan musuh kita ketika kita membutuhkan,” lanjutnya. “Saya menyarankan kepada Menteri Luar Negeri Cohen untuk memanggil duta besar Israel untuk Turki untuk berkonsultasi dan saya menyambut baik keputusannya,” tegas Gideon.

Selain Gideon, Menteri Kebudayaan dan Olahraga Israel, Miki Zohar sebelumnya pada hari Rabu (25/10/2023)  menuduh Erdogan mendukung terorisme dan bahwa waktunya telah tiba untuk menghitung ulang arah hubungan kita dengan Turki.

(PA)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts