Home » Penanganan ODGJ: Satgas Pamtas dan Pemerintah Desa Selamatkan Warga dari Ancaman

Penanganan ODGJ: Satgas Pamtas dan Pemerintah Desa Selamatkan Warga dari Ancaman

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Satgas Pamtas RI-MLY Yonarmed 10/Bradjamusti Pos Sei Seria, bekerja sama dengan Pemerintah Desa Sungai Seria, berhasil mengamankan seorang pria yang diduga mengalami gangguan jiwa, atau yang umumnya dikenal sebagai Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Identifikasi terhadap pria tersebut berdasarkan laporan dari masyarakat setempat yang merasa terganggu oleh perilakunya yang sering mengamuk, menjadikan situasi meresahkan.

Pria tersebut diidentifikasi sebagai MS alias Makarius (38 tahun), seorang warga Desa Sungai Seria, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang.

MS diamankan setelah menggunakan senjata tajam jenis parang, menciptakan ketakutan di antara warga sekitar.

Menurut Kepala Desa Sungai Seria, Anisa Ruslin, MS sudah mengalami gangguan jiwa selama sekitar 9 bulan terakhir.

Pada Minggu (12/11/2023), Satgas Pos Sei Seria bersama Pemerintah Desa dan warga setempat berhasil mengevakuasi MS untuk selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Singkawang di Provinsi Kalimantan Barat guna mendapatkan perawatan medis.

“Evakuasi ini dilaksanakan setelah koordinasi dengan keluarga MS dan mendapatkan persetujuan. Terima kasih kepada Anggota Satgas Pamtas Pos Sei Seria yang telah membantu. Harapan kita adalah agar MS dapat mendapatkan perawatan yang sesuai di RSJ Singkawang dan bisa menjalani kehidupan normal kembali,” tambah Anisa Ruslin.

Evakuasi tersebut melibatkan Pemerintah Desa setempat, didampingi oleh Wadanpos Sei Seria, Serda Imam Yudhi, dan Praka Deni Fadilah sebagai Tamtama Kesehatan.

Wadanpos Sei Seria, Serda Imam Yudhi, menjelaskan bahwa evakuasi dilakukan dengan maksud memberikan perawatan yang diperlukan kepada MS yang mengalami gangguan jiwa.

Diharapkan tindakan ini dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan di masa mendatang.

“Setelah perjalanan berobat ke RSJ Singkawang, kami berharap MS dapat pulih sepenuhnya dan kembali menjalani kehidupan normal dengan baik,” ungkap Anisa Ruslin. (AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts