Home » Israel Nombok $8 Miliar Sejak Dimulainya Perang dengan Hamas

Israel Nombok $8 Miliar Sejak Dimulainya Perang dengan Hamas

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Kementerian Keuangan Israel pada hari Senin (13/11/2023) lalu mengatakan Israel telah mengumpulkan utang sekitar 30 miliar shekel ($7,8 miliar) atau setara Rp123 triliun (kurs Rp15.000) sejak dimulainya perang dengan militan Hamas.

Lebih dari setengahnya – 16 miliar shekel – merupakan utang dalam mata uang dolar yang dikumpulkan melalui penerbitan di pasar internasional, katanya.

“Kemampuan pendanaan Negara Israel memungkinkan pemerintah untuk membiayai seluruh kebutuhannya secara penuh dan optimal,” kata divisi akuntan jenderal kementerian.

Perang yang dimulai pada 7 Oktober ketika orang-orang bersenjata Hamas mengamuk di kota-kota Israel telah meningkatkan pengeluaran Israel secara tajam untuk mendanai militer serta memberikan kompensasi kepada bisnis di dekat perbatasan dan keluarga korban serta sandera yang disandera oleh Hamas. Pada saat yang sama, penerimaan pajak melambat.

Akibatnya, Israel mencatat defisit anggaran sebesar 22,9 miliar shekel pada bulan Oktober, melonjak dari 4,6 miliar pada bulan September dan meningkatkan defisit pada 12 bulan sebelumnya menjadi 2,6%.

Kementerian mengatakan pihaknya akan terus beroperasi “di semua saluran untuk membiayai kegiatan pemerintah, termasuk semua kebutuhan yang timbul dari … perang dan bantuan ekonomi dan sipil ke dalam negeri.”

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu telah berjanji untuk “membuka keran” untuk membantu mereka yang terkena dampak perang, yang diyakini para ekonom akan secara tajam meningkatkan defisit dan rasio utang terhadap PDB hingga tahun 2024.

Namun Gubernur Bank of Israel Amir Yaron mengatakan pemerintah perlu menyeimbangkan “mendukung perekonomian dan mempertahankan posisi fiskal yang sehat.”

Lembaga pemeringkat kredit telah memperingatkan bahwa mereka dapat menurunkan peringkat Israel jika metrik utang memburuk.

Akuntan jenderal tersebut membantah laporan media Israel bahwa negaranya akan mengajukan pinjaman dari Bank Israel untuk pertama kalinya sejak tahun 1986 ($1 = 3,8635 syikal).

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts