Home » TNI AD Bangun 44 Titik Sumber Air Bersih di Papua

TNI AD Bangun 44 Titik Sumber Air Bersih di Papua

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Proyek TNI untuk mengupayakan sumber air bersih bagi masyarakat Indonesia patut diapresiasi. Baru-baru, prajurit TNI dari Kostrad melaksanakan Program TNI AD Manunggal Air dengan melaksanakan pembuatan dan membangun titik-titik air bersih di Wilayah Papua, Jumat (17/11/2023).

Sebanyak 44 titik air bersih yang dibangun di wilayah Papua yang tersebar di wilayah Sorong, Manokwari, Jayapura, Timika, Intan Jaya dan di Merauke.

Penentuan lokasi pembuatan sumber air bersih oleh Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak ditunjuk berdasarkan permintaan dari tokoh adat atau masyarakat setempat.

Total jumlah penerima manfaat dari air bersih di wilayah Papua kurang lebih 12.687 Kepala Keluarga (KK) atau 31.991 jiwa.

“Semuanya dikerjakan oleh Prajurit Kostrad terlatih berkolaborasi dengan masyarakat dan aparat teritorial setempat,” kata Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta.

Junickson Matu, salah seorang warga Sorong, menyampaikan terima kasih dengan adanya program TNI AD Manunggal Air karena mendukung kehidupan harian masyarakat.

“Selama ini kami memang kesulitan air. Kami mau ambil air saja harus mendayung sejauh dua kilo jaraknya, tetapi hari ini, di tahun ini sangat senang dengan adanya bantuan TNI AD Manunggal air telah menolong dan membantu kami sehingga hidup kami lebih berbeda dari pada tahun-tahun sebelumnya, sekali lagi kami mengucap syukur dan terima kasih kepada bapak KASAD dan Pangkostrad,” kata Junickson.

Program TNI AD Manunggal Air ini merupakan implementasi dari perintah Panglima TNI, Kasad, dan Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, serta membantu program pemerintah dalam menurunkan angka stunting di wilayah Papua.

Melalui program ini, TNI berkomitmen untuk dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Papua. Sebab, pembuatan sumber air bersih merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts