Home ยป Hamas Kembali Serang Israel, Tiga Orang Tewas di Halte Bus Yerusalem

Hamas Kembali Serang Israel, Tiga Orang Tewas di Halte Bus Yerusalem

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Tiga orang tewas dan 13 luka-luka setelah dua bersaudara dari Yerusalem Timur menembaki orang-orang yang menunggu di halte bus di jalan utama menuju Tepi Barat kota pada jam sibuk.

Kedua orang bersenjata tersebut disebutkan oleh badan keamanan Shin Bet adalah sepasang bersaudara, masing-masing bernama Murad Namr (38), dan Ibrahim Namr (30).

Keduanya dibunuh di tempat kejadian oleh tentara yang sedang tidak bertugas dan seorang warga sipil bersenjata.

Malamnya, hari ini, Kamis (30/11/2023), sayap bersenjata Hamas, Brigade al-Qassam, mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Pernyataan yang diunggah di saluran Telegram kelompok tersebut mengatakan bahwa operasi tersebut merupakan respons terhadap kejahatan pendudukan yang membunuh anak-anak dan perempuan di Gaza.

Rekaman video pengawasan di halte bus menunjukkan dua pria keluar dari mobil sekitar pukul 7.40 pagi waktu setempat, mengacungkan senjata, mendorong orang-orang melarikan diri karena ketakutan sebelum mereka kembali ke kendaraan, di mana polisi mengatakan mereka terbunuh.

Layanan ambulans mengatakan seorang wanita berusia 24 tahun tewas di tempat kejadian, sementara seorang pria berusia 73 tahun dan seorang gadis berusia 16 tahun, yang terluka parah, dinyatakan meninggal di rumah sakit tak lama setelah kejadian tersebut.

Polisi Israel mengatakan penyelidikan awal menunjukkan para penyerang tiba dengan mobil dan dipersenjatai dengan senapan M16 dan pistol. Mereka mulai menembaki warga sipil sebelum kemudian dibunuh di tempat kejadian. Pencarian terhadap mobil tersebut mengungkapkan amunisi dan persenjataan.

Shin Bet mengatakan orang-orang bersenjata itu sebelumnya dipenjara karena aktivitas teror. Kakak laki-lakinya, Murad, menghabiskan 10 tahun penjara hingga tahun 2020 karena merencanakan serangan teror, di bawah arahan dari Gaza, sementara Ibrahim dipenjara pada tahun 2014.

Itamar Ben-Gvir, menteri keamanan Israel dan pemimpin partai sayap kanan Otzma Yehudit, mengunjungi lokasi kejadian dan mengatakan serangan di halte bus menunjukkan bahwa negara tersebut perlu menanggapi Hamas secara militer.

โ€œInsiden seperti ini sekali lagi membuktikan betapa kita tidak bisa menunjukkan kelemahan, betapa kita harus berbicara dengan Hamas hanya melalui perang,โ€ katanya, seperti dilansir Times of Israel.

Dia mengatakan serangan itu menunjukkan bahwa warga sipil Israel harus membawa senjata di jalan.

โ€œMeskipun mendapat kritik dari berbagai pihak, saya akan melanjutkan kebijakan pembagian senjata ini di mana-mana,โ€ tambahnya.

Dua rumah sakit menerima delapan orang setelah serangan itu, dengan lima orang dilaporkan dalam laporan media menderita luka serius.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts