Home ยป Kasad Apresiasi Kampung Pancasila Sebagai Pemersatu Bangsa dalam Dialog Kebangsaan 2023

Kasad Apresiasi Kampung Pancasila Sebagai Pemersatu Bangsa dalam Dialog Kebangsaan 2023

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc, menggelar Dialog Kebangsaan dan Pemberian Penghargaan Kampung Pancasila Tahun 2023 di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Jumat malam (8/12/2023).

Acara yang diinisiasi bersama TNI AD, Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP), dan PT. Astra Internasional Tbk ini bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila sebagai perekat masyarakat dari berbagai latar belakang.

Dalam dialognya, Kasad menyampaikan apresiasi terhadap investasi luar biasa para pendiri bangsa dalam Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

โ€œZaman dahulu kala orang sudah berpikir Bhinneka Tunggal Ika, mungkin generasi sekarang tidak terpikir kata-kata itu. Pendiri bangsa kita itu sangat luar biasa, dan kita harus terus merawat, terus meningkatkannya,โ€ ujar Kasad.

Acara ini menyoroti Kampung Pancasila sebagai inisiatif untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat di desa maupun kota, yang memiliki keragaman suku, ras, dan agama.

Melalui penghargaan kepada kampung yang berhasil menerapkan dan menjaga nilai-nilai Pancasila, diharapkan dapat menciptakan hubungan yang lebih harmonis dan damai di wilayah tersebut.

Pemberian Penghargaan Kampung Pancasila Tahun 2023 di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Jumat malam (8/12/2023)

Pada acara tersebut, hadir para tokoh sesepuh bangsa Indonesia, seperti mantan Wapres ke-6 RI, Jenderal TNI (Purn.) Try Sutrisno, tokoh agama, budayawan, perwakilan Pemda, serta pejabat tinggi negara seperti Kepala BPIP Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D., Wantimpres Muhammad Luthfi Ali Yahya (Habib Luthfi), dan Dewan Pengarah BPIP Mayjen TNI (Purn) Whisnu Bawatenaya.

Penilaian dilakukan terhadap 30 Kodim yang wilayahnya memiliki Kampung Pancasila. Kriteria penilaian mencakup mitigasi konflik, gotong royong, kearifan lokal, dan peran serta tokoh masyarakat. Penilaian dilakukan secara online maupun melalui field visit (kunjungan langsung ke lapangan).

Berikut adalah para juara untuk Kampung Pancasila Kategori Desa:

  1. Juara I: Desa Sipaku Area Kodim 0202/Asahan Kodam I/Bukit Barisan
  2. Juara II: Desa Bulu Cindea Kodim 1412/Pangkep Kodam XIV/Hasanuddin
  3. Juara III: Desa Telaga Panca Kodim 1508/Tobelo Kodam XVI/Pattimura


Sementara untuk Kampung Pancasila Kategori Kota:

  1. Juara I: Kecamatan Girimulyo Kodim 1705/Nabire Kodam XVII/Cenderawasih
  2. Juara II: Kecamatan Bulukuk Kodim 0413/Bangka Kodam II/Sriwijaya
  3. Juara III: Kecamatan Kampung Baru Kodim 1609/Buleleng Kodam IX/Udayana

Harapan dari acara ini adalah memotivasi masyarakat untuk terus menjaga nilai-nilai Pancasila sebagai pemersatu bangsa di era teknologi yang semakin masif saat ini. Dengan demikian, diharapkan Kampung Pancasila dapat terus menjadi wadah kebhinekaan dan toleransi bagi masyarakat Indonesia.(AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts