Home » Pemulangan Jenazah Lukas Enembe Ricuh, PJ Gubernur Papua Luka Parah Kena Amuk Massa

Pemulangan Jenazah Lukas Enembe Ricuh, PJ Gubernur Papua Luka Parah Kena Amuk Massa

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Pemulangan jenazah Mantan Gubernur Papua, Lukas Enembe, ke Jayapura pada Rabu (27/12/2023), berujung ricuh.

Kericuhan terjadi ketika sejumlah mahasiswa dan warga pendukung mantan Gubernur Papua yang mengarak jenazah Lukas melakukan pelemparan batu dan perusakan kendaraan, di Sentani Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis (28/12/2023).

Selain merusak fasilitas publik, massa juga melukai beberapa petugas dan warga sipil. Di antara para korban adalah PJ Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun.

“Di antara beberapa korban ada dari pemerintah daerah yaitu bapak PJ Gubernur Papua Ridwan Rumasukun yang terluka akibat lemparan batu,” ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo, di Jayapura, Kamis (28/12/2023).

Benny juga menyebut ada aparat keamanan yang menjadi korban tetapi jumlahnya belum dapat dipastikan.

“Ada juga korban dari beberapa aparat keamanan, baik itu Brimob, TNI dan mobil polisi yang juga jadi sasaran pembakaran,” kata dia.

Akibat kejadian ini, seluruh kantor dan pertokoan di kawasan tersebut tutup dan masyarakat memilih untuk tidak keluar rumah.

Sebelumnya, mantan Gubernur Papua Lukas Enembe meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, pada Selasa (26/12/2023).

Pria bernama lengkap Lamato Enembe tersebut selama ini tengah menghadapi proses hukum sebagai terdakwa kasus suap dan gratifikasi.

Putra Papua kelahiran 27 Juli 1967 di kampung Mimit ini divonis oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta dengan pidana penjara 10 tahun dan denda sebesar Rp1 miliar subsider pidana kurungan empat bulan.

Ia juga diharuskan membayar uang pengganti sebesar Rp47,8 miliar atas kerugian negara yang ditimbulkan.

Dilaporkan, saat ini jenazah sudah disemayamkan di Stakin Sentani, sementara massa masih berada di jalan utama kota itu.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts