Home ยป Pemerintah Kabupaten Manggarai Siapkan Kebutuhan CPNS 2024: Proses Pendataan OPD Sedang Berlangsung

Pemerintah Kabupaten Manggarai Siapkan Kebutuhan CPNS 2024: Proses Pendataan OPD Sedang Berlangsung

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Pemerintah Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, mulai mempersiapkan kebutuhan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 setelah pengumuman resmi oleh Pemerintah Pusat terkait pembukaan seleksi.

Kepala Badan Kepegawaian, Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Manggarai, Maksimilianus Tarsi, menyampaikan bahwa pihaknya telah memulai proses pendataan kebutuhan di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di wilayah tersebut.

Namun, Tarsi belum dapat menyebutkan secara pasti jumlah kebutuhan yang telah diajukan oleh Pemerintah Kabupaten Manggarai kepada Pemerintah Pusat. Proses pendataan masih berlangsung, dan pihaknya menunggu data resmi dari masing-masing OPD terkait kebutuhan pegawai.

โ€œKita masih merekap. Menunggu setiap daftar kebutuhan dari setiap OPD. Misalkan di kesehatan berapa, pendidikan berapa, begitu juga instansi teknis,โ€ ungkap Tarsi, mengutip Tribunflores.com pada Jumat, (12/1/2024).

Terkait persyaratan bagi calon CPNS, Tarsi menyebutkan bahwa pihaknya masih menanti surat edaran resmi dari Pemerintah Pusat atau Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Maksimilianus Tarsi juga menjelaskan bahwa seleksi CPNS kali ini memberikan peluang lebih besar bagi tenaga teknis yang sebelumnya tidak dapat terakomodir dalam tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) karena keterbatasan kuota.

โ€œTerkait persyaratan, kita belum tahu. Ini berbeda dengan PPPK. Tapi untuk CPNS, prioritas diberikan kepada lulusan baru,โ€ tambah Tarsi.

Selain seleksi CPNS, pemerintah pusat juga secara bersamaan melakukan perekrutan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK), yang menunjukkan komitmen untuk memperkuat aparatur pemerintah di berbagai sektor.

Proses rekrutmen ini diharapkan dapat memberikan kesempatan lebih luas bagi masyarakat untuk berkontribusi dalam pelayanan publik. (AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts