Home » UAS Prodi PBSI Unika St Paulus Ruteng, Produk Berupa Buku

UAS Prodi PBSI Unika St Paulus Ruteng, Produk Berupa Buku

by Media Nuca

Oleh: Ona Agung

MEDIA NUCA – Universitas Katolik Indonesia (UNIKA), St. Paulus Ruteng sedang mengadakan Ujian Akhir Semester (UAS) ganjil sejak tanggal 15 hingga 19 Januari 2024.

Khusus bagi Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), evaluasi semester ini dikemas dengan cara yang menarik tetapi serius.

Dilaporkan bahwa pada hari ke-2 UAS, mahasiswa prodi PBSI kelas 2020 B diminta membuat sebuah produk berupa buku saku dengan tema “pariwisata” sebagai pengganti ujian akhir semester mata kuliah “Bahasa Indonesia penutur Asing.”

Tujuan tugas UAS membuat produk berupa buku ini ialah untuk membantu mahasiswa meningkatkan kualitas dan kompetensi akademik mereka sesuai bidang yang menjadi spesifikasi keahlian mereka.

Melalui latihan menulis buku ini, mahasiswa akan belajar tentang cara merancang dan melakukan penelitian, menganalisis data, serta menulis laporan ilmiah yang akurat dan sistematis.

Terkait itu, salah seorang mahasiswa mengaku memeroleh manfaat tak sedikit dari tugas ini dan terdorong untuk terus mengasah kemampuan menulis ilmiahnya.

“Membuat buku ini sangat bermanfaat untuk saya dan teman-teman untuk menambah wawasan  dan melatih saya untuk tahu bagaimana menghasilkan kajian ilmiah bermutu. Walaupun belum sempurna, setidaknya saya bisa sedikit mengerti cara membuat buku,” ujar Efrasia  mahasiswa kelas 2020 B.

Mahasiswi pendidikan guru ini juga mengaku bangga dengan capaian mereka kali ini baik dari segi manfaat buku yang mereka hasilkan, juga dari proses penelitian yang mereka lalui.

“kami juga merasa bangga karena kami bisa menghasilkan sebuah produk yang berguna bagi siapapun yang membacanya, serta proses penelitian yang berharga selama satu bulan,” tutupnya.

Sebagai informasi, buku ini berisi informasi-informasi yang menjelaskan perihal program pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia bagi penutur asing yang di dalamnya memuat kosakata yang sering digunakan oleh pelaku pariwisata.

Editor: Patritius Arifin

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts