Home ยป Kerja Sama Ekonomi Indonesia-Singapura: Fokus pada Energi Hijau dan Digitalisasi

Kerja Sama Ekonomi Indonesia-Singapura: Fokus pada Energi Hijau dan Digitalisasi

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Dalam kunjungan kerjanya ke Indonesia, Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada Selasa (23/04/2024).

Pertemuan ini menjadi langkah awal yang penting sebagai persiapan Leadersโ€™ Retreat antara Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong yang akan digelar di Istana Bogor pada 29 April 2024 mendatang.

Kedua Menteri tersebut menyatakan optimisme mereka terhadap hubungan ekonomi yang kuat antara kedua negara. Mereka menekankan pentingnya kerja sama bilateral dalam berbagai bidang potensial, termasuk green energy seperti solar farm dan carbon capture storage, serta pengembangan wilayah Batam โ€“ Bintan โ€“ Karimun.

Selain itu, aspek-aspek penting lainnya termasuk digital connectivity dan pembangunan data center juga menjadi fokus diskusi.

Menko Airlangga Hartarto juga menyampaikan rencana pembangunan sejumlah data center di sekitar Ibu Kota Nusantara untuk mendukung konsep modern dan digitalized dalam pembangunan Indonesia.

Salah satu poin penting lainnya yang ditekankan adalah kerja sama dalam pengembangan sumber daya manusia, khususnya dalam bidang keterampilan digital dan peningkatan kapasitas di sektor kesehatan.

โ€œIndonesia berkomitmen untuk memperkuat hubungannya dengan Singapura baik dalam kerangka bilateral maupun dalam konteks ASEAN demi pertumbuhan ekonomi dan stabilitas di kawasan,โ€ ujar Menko Airlangga.

Pada kesempatan tersebut, kedua Menteri juga membahas proses aksesi Indonesia dalam OECD serta dinamika geopolitik di Timur Tengah yang memiliki dampak signifikan pada aspek ekonomi.

Menlu Vivian Balakrishnan menyatakan optimisme bahwa Indonesia akan berhasil menyelesaikan proses aksesi dengan lancar.

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Duta Besar Singapura untuk Indonesia serta Deputi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, menegaskan komitmen kedua negara untuk memperdalam kerja sama dan memperkuat hubungan bilateral mereka.(AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts