Home ยป Game Online Bahayakan Generasi Muda, Sandiaga Uno Desak Pemblokiran dan Dorong Game Edukatif

Game Online Bahayakan Generasi Muda, Sandiaga Uno Desak Pemblokiran dan Dorong Game Edukatif

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, kembali mengangkat isu darurat game online, terutama permainan battle royale yang mengandung unsur kekerasan.

Dalam audiensinya bersama Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Sandiaga menyoroti dampak buruk game online yang mencakup kekerasan, kecanduan, dan kerugian finansial bagi orangtua.

Sandiaga Uno menjelaskan bahwa banyak anak-anak yang menggunakan atau meminta uang orangtua untuk bermain game online. Ketua LPAI, Seto Mulyadi, turut menambahkan bahwa perilaku konsumtif berlebihan akibat game online merugikan keuangan keluarga.

โ€œTadi Kak Seto menyampaikan juga ada perilaku konsumtif yang berlebihan, sehingga merugikan keuangan keluarga, itu yang paling penting. Itu pesan dari orangtua bapak ibu yang menyampaikan ke LPAI,โ€ kata Sandiaga, mengutip viva.

Sandiaga juga berbagi pengalaman pribadi di mana beberapa orang tua, terutama ibu, mengeluhkan anak-anak mereka yang kecanduan game Free Fire.

โ€œBeberapa kali saya dihampiri langsung oleh seorang ibu, yang juga memberikan curhatan bahwa anaknya kecanduan Free Fire,โ€ tuturnya.

Menparekraf menegaskan bahwa jika masalah ini tidak segera diatasi, harapan Indonesia menuju era emas tahun 2045 bisa terancam.

โ€œMaka Indonesia emas tahun 2045 bisa berubah menjadi Indonesia lemas atau Indonesia cemas, karena anak mudanya terpapar dan dicuci oleh dampak negatif game yang mengakibatkan perilaku tingkat kekerasan terhadap anak di bawah umur,โ€ lanjutnya.

Sandiaga memastikan bahwa pihaknya akan terus berupaya memajukan industri game untuk menciptakan lapangan kerja. Ia mendorong pengembangan game lokal yang edukatif dan berbudaya.

โ€œKami dorong game lokal agar sesuai dengan budaya kita. Industri game nasional ini harus kita dorong tapi jangan sampai, kita membahayakan masa depan anak-anak sehingga nanti kalau ada rekomendasinya harus ada penyesuaian,โ€ jelas Sandiaga.

Menparekraf juga membuka kemungkinan untuk mengusulkan pemblokiran game tertentu kepada Kemenkominfo, yang memiliki wewenang dalam industri game.

โ€œLalu ada usulan pemblokiran, akan kami sampaikan ke Kemenkominfo yang merupakan pemilik wewenang terhadap industri games itu,โ€ sambungnya.

Dengan langkah-langkah ini, Sandiaga Uno berharap dapat mengurangi dampak negatif game online pada generasi muda Indonesia dan mendukung perkembangan industri game yang sehat dan berbudaya.(AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts