Home » Menko Airlangga: Indonesia-Singapura Siap Luncurkan Program Tech untuk Profesional Muda

Menko Airlangga: Indonesia-Singapura Siap Luncurkan Program Tech untuk Profesional Muda

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Ketenagakerjaan Singapura, Dr. Tan See Leng, yang juga menjabat sebagai 2nd Minister of Trade and Industry, di sela-sela pertemuan 2nd Asia Zero Emission Community (AZEC) Ministerial Meeting and Related Events di Jakarta pada Rabu (21/8/2024).

Pertemuan ini menyoroti kesepakatan Program Tech:X yang bertujuan memberikan peluang bagi profesional muda di bidang teknologi dari Indonesia dan Singapura untuk memperoleh pengalaman kerja selama satu tahun di industri teknologi masing-masing negara.

Usai penandatanganan Technical Arrangement on Indonesia-Singapore Tech:X Programme pada 7 Juni 2024 di pertemuan Ministerial Meeting of Indonesia – Singapore Six Bilateral Economic Working Groups (MM 6WG) ke-14, kedua negara kini sedang mempersiapkan pelaksanaan pilot project untuk angkatan pertama peserta program ini.

Dalam pertemuan tersebut, Menko Airlangga menyampaikan harapannya agar kerja sama antara Indonesia dan Singapura terus berkembang, terutama di sektor pendidikan dan pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di bidang semikonduktor.

Selain itu, ia juga mengundang Singapura untuk berpartisipasi dalam pengembangan ekosistem semikonduktor di Indonesia.

“Indonesia ingin menitikberatkan pada pengembangan kapasitas SDM dengan keahlian dalam bidang microelectronic untuk menciptakan ekosistem semikonduktor di Indonesia. Saya mengundang Singapura untuk turut mendukung Indonesia dalam pengembangan ini,” ujar Menko Airlangga.

Singapura tetap menjadi mitra ekonomi utama Indonesia dalam bidang investasi dan perdagangan. Pada tahun 2023, Singapura mengucurkan lebih dari USD15 miliar ke Indonesia, mencakup sekitar 30% dari seluruh investasi asing yang masuk.

Selain membahas Program Tech:X, kedua Menteri juga membahas agenda terkait AZEC, forum bilateral Indonesia – Singapore Six Bilateral Economic Working Groups, rencana aksesi Indonesia ke dalam Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), serta partisipasi Indonesia dalam Comprehensive and Progressive Agreement for Trans-Pacific Partnership (CP-TPP).

Pertemuan ini turut dihadiri oleh Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kemenko Perekonomian, Edi Prio Pambudi.(AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts