Home » Mengungkap Sosok “Y” Pemilik Jet Pribadi yang Ditumpangi Kaesang

Mengungkap Sosok “Y” Pemilik Jet Pribadi yang Ditumpangi Kaesang

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Menanti putusan KPK soal dugaan gratifikasi yang melibatkan Kaesang pangarep, pada hari ini, Selasa (24/9/2024), mari kita kupas sosok “Y” yang diduga adalah pemilik Private Jet (Jet pribadi) yang ditumpangi anak bungsu Joko Widodo (Jokowi) dan Istrinya tersebut.

Menurut penelusuran medianuca.com, sejumlah pihak menduga sosok Y adalah Gang Ye, taipan asal Singapura, pendiri Sea Limited yang merupakan induk dari perusahaan start-up Shopee dan gim populer Garena, Free Fire (FF).

Hal ini dikonfirmasi melalui laman resmi Federal Aviation Administration (FAA), bahwa pemilik pesawat jet pribadi Gulfstream GLF6 G650ER adalah Garena Online Private Ltd.

Lantas apa hubugan Gerana dan Kaesang? Menurut penelusuran media ini, diketahui bahwa Free Fire yang adalah milik Garena merupakan salah satu sponsor klub sepak bola Persis Solo, di mana Kaesang merupakan pemilik saham mayoritas.

Irisan antara Gang Ye dan Kaesang juga bisa ditelusuri melalui sosok Gibran, sang kaka yang merupakan Wakil Presiden terpilih.

Diketahui, Ketika masih menjadi Wali Kota Solo tahun 2021, Sea Group lewat Shopee membuka sebuah kantor baru di daerah administrasi Gibran.

Kemitraan itu kemudian berlanjut. Shopee diketahui melanjutkan Kerjasama dengan dengan Pemerintah Kota Surakarta, Kedutaan Besar Indonesia di Paris, dan Le BHV Marais Paris, untuk menghadirkan ‘Java in Paris’, sebuah program yang menghadirkan produk-produk dari ratusan UMKM Indonesia ke Le BHV Marais, salah satu department store terbesar di Prancis yang berada di bawah jaringan Galeries Lafayette pada 8 juni sampai dengan 17 Juli 2022 lalu.

Rentetan keterkaitan dan kemungkinan tukar tambah keuntungan itulah yang mendorong sejumlah pihak menyampaikan aduan ke KPK soal dugaan gratifikasi kepada Kaesang.

Di antar para pihak yang mengadu itu ada Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI). Mereka menyerahkan dokumen MoU antara Shopee dan Pemerintah Kota Solo kepada Direktorat Pelayanan Laporan dan Pengaduan Masyarakat (PLPM) KPK.

Selain MAKI, dosen UNJ Ubeidilah Badrun juga melaporkan Kaesang atas dugaan yang sama ke KPK. Saat ini, Masyarakat menanti pengumuman laporan dugaan gratifikasi Kaesang oleh KPK.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts