Home ยป Dua roket ditembakkan ke Israel dari Tepi Barat untuk pertama kalinya dalam 18 tahun

Dua roket ditembakkan ke Israel dari Tepi Barat untuk pertama kalinya dalam 18 tahun

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Melansir The Jerusalem Post, Senin (26/6/2023) dua roket diluncurkan pada Senin pagi ke Israel dari daerah Jenin tetapi meledak di wilayah Palestina tanpa mengenai orang Israel atau wilayah Israel mana pun. Peristiwa ini menandai pertama kalinya sebuah roket ditembakkan ke Israel dari Tepi Barat dalam 18 tahun.

Satu roket jatuh lima meter dari area pementasan peluncuran dan yang lainnya jatuh 80 meter dari area pementasan peluncuran. Meskipun tinjauan reruntuhan menemukan bahwa badan roket sudah penuh, tidak ada bahan peledak yang ditemukan di reruntuhan.

Ini menunjukkan bahwa roket itu adalah aksi publisitas atau uji coba yang tidak dimaksudkan untuk benar-benar meledak di Israel. Tidak diketahui apakah mereka yang meluncurkan roket mungkin menyembunyikan lebih banyak roket serta bahan peledak.

Secara garis besar, roket ditemukan berdesain primitif. Menurut IDF, roket tidak menimbulkan ancaman bagi komunitas Israel di daerah tersebut, meskipun tidak jelas apakah ini karena kurangnya jangkauan untuk menyerang mereka atau karena roket tersebut memiliki masalah lain.

Pasukan keamanan Israel tiba di tempat kejadian dan melakukan pencarian di daerah tersebut, namun belum melaporkan adanya penangkapan.

IDF mengatakan bahwa insiden tersebut sedang ditinjau, tetapi tidak memberikan banyak informasi spesifik tentang siapa yang melakukannya atau bagaimana insiden serupa di masa depan akan dicegah.

Insiden tersebut menyusul insiden lain baru-baru ini perihal roket tiruan yang disiapkan untuk secara potensial menembak ke Israel atau setidaknya tampaknya mengancam Israel.

Hal itu juga terjadi setelah peringatan baru-baru ini oleh Direktur Shin Bet Ronen Bar bahwa teroris Palestina melakukan upaya baru agar memiliki roket di Tepi Barat dan menembakkannya ke Israel.

Jika kelompok teror seperti itu berhasil, itu bisa menunjukkan front baru untuk pertahanan roket, karena saat ini pertahanan roket Israel dikerahkan untuk bertahan melawan roket dari Libanon atau Gaza.

Situasi baru juga terjadi setelah eskalasi teror yang drastis minggu lalu dari pihak Palestina, penggunaan kekuatan oleh IDF dan serangan balas dendam oleh warga Yahudi Tepi Barat.

Apakah Jenin akan menjadi Gaza?

Likud MK Danny Danon mengkritik Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pada pertemuan fraksi Likud menyusul laporan tentang insiden awal, lapor Walla.

โ€œSaya melihat laporan juru bicara IDF bahwa sebuah roket telah diluncurkan dari Jenin pagi ini,โ€ katanya. โ€œโ€Minggu lalu, empat orang Yahudi dibunuh dan kami belum melihat reaksi apapun. Apa yang kita tunggu? Jenin itu akan menjadi Gaza?โ€

โ€œKami tahu bahwa ada rencana standar untuk menangani kekacauan keamanan yang memburuk di Samaria utara. Mengapa tidak disetujui di tingkat politik? Penduduk Samaria tidak akan tinggal diam.โ€

Oved Nur, kepala Dewan Regional Gilboa, berbicara kepada penduduk setempat dalam sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa faksi Hamas yang beroperasi di wilayah kota Jenin menerbitkan video yang mengganggu di mana roket ditembakkan dan diarahkan ke kota-kota Dewan Regional Gilboa.

Partai Persatuan Nasional MK Benny Gantz memberitahu perdana menteri bahwa โ€œdalam seluruh masalah memerangi terorisme, Anda dan pemerintah mendapat dukungan penuh selama Anda bertindak secara bertanggung jawab dan tegas. Penembakan roket hari ini di Jenin semakin meningkat dan organisasi teroris menjadi lebih berani. Seperti yang kita lakukan terhadap Sarang Singa, seperti yang selalu kita lakukan ketika terorisme mengangkat kepalanya โ€“ kita harus menghilangkan ancaman. Dengan cara apa pun, dengan kekuatan apa pun yang diperlukan, dan di mana pun diperlukan. Keamanan warga negara harus menjadi prioritas utama.โ€ (AP)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts