Home » Anaknya Pernah Tak Diterima di Sekolah Negeri, Ridwan Kamil: Kita Hormati Sistem

Anaknya Pernah Tak Diterima di Sekolah Negeri, Ridwan Kamil: Kita Hormati Sistem

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Kedua anak Ridwan Kamil dan Athalia Praratya, Almarhum Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) dan Camillia Laetitia Azzahra (Zara), adiknya, ternyata sempat tak diterima di sekolah negeri.

Hal itu dibenarkan oleh Ridwan Kamil melalui unggahan pada laman Instagram resminya menanggapi berita yang diterbitkan oleh TRIBUNNEWS, pada Selasa (18/07/2023).

Penyebab Eril dan Zara gagal masuk SMPN 2 Bandung adalah karena sistem zonasi.

“Saat saya Walikota, alm Eril dan Zara tidak bisa masuk SMP negeri karena kalah oleh kuota zonasi PPDB,” tulis Ridwan.

Meskipun patah hati melihat puterinya menangis, Ridwan Kamil yang saat itu juga sementara menjabat sebagai wali kota Bandung enggan menggunakan kekuasaan untuk mengintervensi sistem.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu justru memilih untuk menyekolahkan putrinya di sekolah swasta.

“Saya telan percakapan-percakapan itu. Saya diskusikan panjang dengan Bu Cinta. Dan kami pun sepakat kami taati aturan aja walau pahit. Apa jadinya jika saya ikutan melanggar aturan diam-diam,” tulis Ridwan Kamil dalam postingan instagramnya itu.

Alasan di balik keputusannya itu terungkap. Kang Emil mengaku tidak mau membiarkan kelicikan menempel seumur hidup Eril dan Zara.

“Jika ia kami paksa masuk dengan cara yang tidak baik. Maka pastilah ia akan meyakini bahwa berbohong itu boleh, demi sebuah tujuan,” imbuhnya.

Meskipun sempat patah hati, Ridwan mengaku kedua anaknya itu akhirnya tetap bisa masuk universitas terbaik di Indonesia, masing-masing melalui jalur prestasi dan melalui ujian.

“Ujungnya, keduanya akhirnya bisa juga masuk ITB. Satu dengan saringan ujian, satu dengan jalur prestasi akademik,” pungkasnya.

Ridwan Kamil lantas meminta agar para orang tua murid legowo dengan peraturan yang ada.

“Mari kita hormati, Kesuksesan tidak selalu harus dengan bersekolah di negeri. Kesuksesan datang dari bagaimana kita berdamai dengan takdir menyiasatinya dengan ikhtiar dan doa. Hatur Nuhun. mari,” kata Ridwan.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts