Home » Kedatangan Paus Fransiskus di Lisbon Disambut Baliho 4.800+ Kasus Pelecehan Seksual

Kedatangan Paus Fransiskus di Lisbon Disambut Baliho 4.800+ Kasus Pelecehan Seksual

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Sebuah papan iklan besar berisi pesan perihal kasus pelecehan seksual oleh para klerus dipasang di Lisbon, hanya beberapa jam sebelum Paus Fransiskus dijadwalkan tiba di ibu kota Portugal itu.

Papan reklame dipasang di jalan Almirante Reis – salah satu jalan terpanjang dan tersibuk di Lisbon – dan berbunyi: “4.800+ anak dilecehkan oleh Gereja Katolik di Portugal.”

Dua baliho lainnya dipasang di kota terdekat Loures dan Oeiras, di mana acara terkait Hari Pemuda Sedunia juga akan berlangsung.

Diketahui, Paus Fransiskus mengunjungi Lisbon untuk pertemuan kaum muda Katolik sedunia. Acara Hari Pemuda Sedunia ini dirancang oleh mendiang Paus Yohanes Paulus II bagi umat Katolik usia remaja atau 20-an tahun awal. Acara ini diadakan setiap dua atau tiga tahun sekali di kota yang berbeda.

Kunjungan Paus ini dilakukan kurang dari enam bulan setelah sebuah laporan oleh komisi Portugis mengatakan setidaknya 4.815 anak di bawah umur dilecehkan secara seksual oleh para pelayan gereja – kebanyakan pastor – selama tujuh dekade. Komisi yang bertanggung jawab mengatakan bahwa itu hanyalah “puncak gunung es”.

Paus Fransiskus, yang akan berada di Portugal hingga 6 Agustus, diperkirakan akan bertemu secara pribadi dengan para korban pelecehan.

“Tidak ada yang dapat memperbaiki pengalaman dan kehidupan lebih dari 4.800 korban ini,” kata kelompok yang menyelenggarakan kampanye kesadaran, yang disebut This Is Our Memorial, di situs webnya.

“Yang bisa dan harus kita lakukan adalah mengingat mereka. Beri mereka suara. Sehingga apa yang terjadi tidak pernah terjadi lagi.”

Gereja berjanji upacara peringatan akan dilakukan selama acara yang akan berlangsung selama seminggu itu meskipun tanggalnya belum ditetapkan, dan Gereja mengatakan proyek itu masih dipelajari.

Terpisah, patriark Lisbon Manuel Clemente mengatakan pada hari Senin (31/07/2023) komitmen gereja Portugis untuk mengatasi pelecehan seksual klerus adalah “total”.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts