Home » Rizal Ramli Datangi KPK: Bawa Aduan Dugaan Korupsi Keluarga Istana

Rizal Ramli Datangi KPK: Bawa Aduan Dugaan Korupsi Keluarga Istana

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli dan Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais bersama sejumlah orang menyambangi gedung KPK, Senin 21 Agustus 2023.

Kedatangan mereka bermaksud menyampaikan aduan terhadap dua putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep perihal kasus dugaan korupsi, kolusi dan nepotisme dan tindak pidana pencucian uang oleh keluarga istana itu.

Namun demikian, Rizal merasa kecewa lantaran kedatangan dirinya dan kawan-kawan diabaikan KPK. Ia menyatakan awalnya mereka meminta bisa bertemu dengan pimpinan KPK untuk menjelaskan perihal laporan tersebut. Namun, permintaan tersebut ditolak.

“Saya, kita semua sebelum datang ke sini punya niat baik dan harapan baik bahwa KPK, pimpinannya bisa bertemu dengan kami. Tapi mereka ketakutan, ketemu aja ngga punya nyali. Alasannya lagi sibuk. Humas sibuk. Humasnya sibuk ngapain pak, ketemu kita aja nggak berani,” kata Rizal di lobby Gedung KPK, Jakarta Selatan.

Rizal Ramli juga menegaskan bahwa KPK takut menangani kasus yang sedang mereka laporkan karena itu kasus besar. Hal itu menurutnya merupakan alasan di balik sulitnya bertemu pihak KPK untuk menanyakan kelanjutan kasus tersebut.

“Tapi niat baik kami dan harapan baik kami ternyata disambut dengan negatif. Disambut dengan arogansi, kesombongan birokrasi. Kami jadi tau sebenarnya KPK ini enggak berani ngadepin yang kuat. Itulah kenapa tahun yang lalu dateng kesini minta supaya dituntaskan kasus pengaduan KKN dari Gibran dan Kaesang, keluarga Jokowi,” ujar Rizal.

Ubedillah Badrun juga hadir dalam rombongan Amien Rais dan Rizal Ramli ke KPK siang ini. Dia mengaku memiliki bukti baru soal laporannya  terhadap Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep dan ingin menyampaikan langsung bukti tersebut kepada pimpinan KPK.

“Hari ini kita menagih janji dan menambah beberapa informasi yang harus ketemu langsung dengan pimpinan KPK, tidak bisa diwakilkan yang lain. Ternyata hari ini pimpinan KPK nggak ada satu pun yang berani ketemu kita,” kata dia.

Terpisah, Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan bahwa Rizal Ramli cs bermaksud untuk menyampaikan aduan.

“Amien Rais, Rizal Ramli, dkk, betul siang ini datang ke KPK. Mereka bermaksud menyampaikan aduan,” ujar Ali di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (21/8) petang.

Akan tetapi, menurut dia, setelah diarahkan ke petugas, Rizal Ramli cs memutuskan batal untuk membuat laporan tersebut.

“Mereka sudah ditemui petugas, namun pada akhirnya tidak jadi menyampaikan aduannya,” kata Ali.

Sementara itu, perihal sikap KPK, Ali menambahkan bahwa KPK akan terus membuka ruang dengan sangat terbuka bagi setiap masyarakat yang ingin menyampaikan aduan dugaan tindak pidana korupsi. Namun tentunya sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku, sehingga layanan publik dapat berlangsung dengan tertib.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts