Home » Inilah Alasan Kenapa Haaland Terpilih sebagai Pemain Terbaik UEFA 2022/2023

Inilah Alasan Kenapa Haaland Terpilih sebagai Pemain Terbaik UEFA 2022/2023

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Erling Haaland, pemain muda berusia 23 tahun asal Norwegia yang bermain untuk Manchester City, telah terpilih sebagai Pemain Terbaik UEFA tahun 2023.

Keputusan ini diumumkan dalam acara undian grup Liga Champions UEFA 2023/24 yang berlangsung di Monaco. Haaland berhasil mengungguli pesaing-pesaing beratnya, Lionel Messi dan Kevin De Bruyne, dalam pemungutan suara.

Hasil pemungutan suara menunjukkan dominasi Haaland dengan meraih 352 poin, sedangkan Messi hanya mendapatkan 227 poin dan De Bruyne 225 poin. Ini adalah pengakuan yang sangat layak untuk penampilan gemilang Haaland dalam musim 2022/23.

Mengapa Haaland Memenangkan Pemungutan Suara?

Haaland mencetak 52 gol dalam 53 pertandingan di semua kompetisi musim lalu, menjadikannya pemain yang sangat produktif di depan gawang. Keberhasilannya mencetak 12 gol di Liga Champions UEFA, termasuk empat gol lebih banyak dari pesaing terdekatnya, Mohamed Salah dari Liverpool, membuatnya menjadi top skor di kompetisi tersebut.

Selain itu, di Premier League, Haaland mencatatkan rekor baru dengan mencetak 36 gol. Ia juga menjadi pemain termuda dan tercepat yang mencapai 35 gol di Liga Champions secara keseluruhan. Keberhasilannya membantu Manchester City meraih treble luar biasa, termasuk Premier League, Piala FA, dan Liga Champions UEFA.

Haaland juga tampil luar biasa dalam beberapa pertandingan kunci, seperti saat mencetak lima gol dalam satu pertandingan Liga Champions, menjadi pemain ketiga yang mencapai pencapaian tersebut setelah Lionel Messi dan Luiz Adriano. Selain itu, ia memberikan kontribusi berharga dalam pertandingan melawan Bayern Munich dan Manchester United.

Proses Pemilihan Pemenang

Proses pemilihan pemenang dilakukan dengan serius. Daftar awal pemain dipilih oleh kelompok studi teknis UEFA berdasarkan penampilan mereka selama musim 2022/23, baik di klub maupun tim nasional.

Kemudian, tiga nominasi teratas dipilih oleh juri yang terdiri dari pelatih klub yang bermain di babak grup Liga Champions UEFA, Liga Europa UEFA, dan Liga Konferensi Eropa UEFA, bersama dengan pelatih tim nasional dari anggota asosiasi UEFA.

Sejumlah jurnalis yang dipilih oleh European Sports Media (ESM) juga menjadi bagian dari juri tersebut.

Pilihan akhir didasarkan pada jumlah total suara yang diberikan oleh pelatih dan jurnalis, dengan pelatih tidak diizinkan memilih pemain dari tim mereka sendiri.

Dengan pencapaian luar biasa yang telah ditunjukkan oleh Erling Haaland selama musim 2022/23, tidak mengherankan bahwa ia dinobatkan sebagai Pemain Terbaik UEFA tahun ini. Haaland adalah pemain yang patut diacungi jempol. (AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts