Home » Panglima TNI Desak Komandan Satuan untuk Tingkatkan Pengawasan Prajurit

Panglima TNI Desak Komandan Satuan untuk Tingkatkan Pengawasan Prajurit

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M., telah mengeluarkan pernyataan yang mendesak para komandan satuan jajaran TNI untuk lebih meningkatkan pengawasan melekat terhadap seluruh prajurit TNI. Pernyataan ini disampaikan dalam sebuah pertemuan di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur pada Jumat, (1/9/2023).

Panglima TNI menekankan urgensi untuk meningkatkan pengamanan dan pengawasan terhadap personel TNI, terutama terhadap prajurit yang menunjukkan perilaku aneh, tidak wajar, sering terlambat masuk, hidup mewah, dan sering menyendiri.

“Akhir-akhir ini, kita telah menyaksikan peningkatan kasus kriminal yang melibatkan oknum prajurit TNI, yang telah menciptakan sentimen negatif di masyarakat. Bahkan, hal ini telah mengganggu citra positif TNI yang telah dibangun dengan susah payah selama ini,” ujar Panglima TNI.

Panglima TNI menegaskan bahwa tidak ada satu prajurit pun yang dapat lepas dari tanggung jawab komandan satuan mereka, di mana pun mereka ditugaskan. Ini merupakan panggilan bagi komandan satuan untuk memastikan kedisiplinan dan perilaku yang tepat dari seluruh prajurit di bawah komandonya.

Selain itu, Panglima TNI juga menyoroti tindakan penganiayaan, kekerasan, dan intimidasi yang dilakukan oleh prajurit terhadap masyarakat. Ia meminta Pom TNI (Polisi Militer TNI) untuk segera mengambil tindakan tegas dan memproses hukum terhadap prajurit yang terbukti melakukan tindakan semacam itu.

“Jangan ada usaha untuk menyembunyikan kasus-kasus semacam ini, karena hal tersebut dapat merugikan nama baik satuan dan TNI secara keseluruhan,” tegas Panglima TNI.

Panglima TNI juga mengimbau kepada para komandan satuan untuk meningkatkan Jam Komandan kepada seluruh prajurit. Hal ini diharapkan dapat memberikan perhatian lebih, penekanan, dan evaluasi terhadap tugas-tugas yang dilaksanakan oleh prajurit, sehingga arah kebijakan pemimpin mereka menjadi jelas dan terarah.

Panglima TNI menekankan bahwa langkah-langkah ini perlu diambil segera guna memulihkan kepercayaan masyarakat terhadap TNI dan memastikan bahwa setiap prajurit TNI bertanggung jawab atas perilakunya serta menjaga kehormatan dan profesionalisme yang menjadi ciri khas TNI. (AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts