Home ยป Pendaftaran CPNS 2023 Resmi Dibuka Hari Ini, Simak Persyaratan dan Dokumen yang Perlu Disiapkan

Pendaftaran CPNS 2023 Resmi Dibuka Hari Ini, Simak Persyaratan dan Dokumen yang Perlu Disiapkan

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Setelah sempat diundur selama beberapa hari, pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 akhirnya resmi dibuka pada hari ini, Rabu, 20 September 2023.

Terdapat total 572.496 formasi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang disediakan pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Dari jumlah itu, sekitar 28.903 formasi diperuntukkan bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan 543.593 formasi untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Sementara itu, untuk peruntukan instansinya, sekitar 78.862 orang akan ditempatkan di Pemerintah Pusat dan 493.634 orang di Pemerintahan Daerah.

Bagi peserta CPNS, wajib menyimak sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mendaftar CPNS 2023.

Pasalnya, setiap jenjang pendidikan dan formasi yang dilamar memiliki persyaratan yang berbeda-beda.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil, disebutkan persyaratan umum untuk mendaftar CPNS adalah sebagai berikut:

1. Usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun saat melamar.

2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih.

3. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit TNI, anggota Polri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

4. Tidak berstatus sebagai calon PNS, PNS, Prajurit TNI, atau anggota Polri.

5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.

6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.

7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.

8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah.

9. Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh PPK.

Selain persyaratan umum untuk calon pelamar CPNS 2023, terdapat juga sejumlah dokumen persyaratan yang harus disiapkan sebelum mendaftar. Melansir dari laman menpan.go.id, berikut beberapa berkas persyaratan untuk mendaftar CPNS.

1. Ijazah terakhir

2. Transkrip nilai

3. KTP

4. Akta Kelahiran

5. Daftar Riwayat Hidup

6. Foto terbaru

7. Dokumen lain sesuai jenis seleksi dan instansi yang dilamar

Untuk berkas foto terbaru, terdapat dua jenis foto yang harus diunggah pelamar saat melakukan pendaftaran seleksi CASN 2023, yakni foto formal dan swafoto.

Berdasarkan unggahan pada akun media sosial Instagram resmi Biro Kepegawaian Kejaksaan Republik Indonesia, perbedaan dari kedua foto tersebut adalah sebagai berikut:

Foto Formal

Ini adalah foto yang diambil sesuai standar pas foto pada umumnya. Foto formal wajib diunggah peserta setelah memilih instansi dan formasi. Foto wajib berlatar belakang merah, memakai kemeja putih dengan ukuran foto maksimal 200kb, format file jpg atau jpeg, dan merupakan foto terbaru dengan maksimal tiga bulan terakhir.

Swafoto

Swafoto wajib diunggah saat pelamar melakukan pendaftaran akun Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara atau SSCASN. Syarat foto ini adalah menampilkan wajah peserta dengan jelas, foto diambil dalam format portrait (tegak) dan close up, foto diambil dengan latar belakang bebas, dan menggunakan pakaian sopan.

Selain syarat-syarat tersebut, beberapa persyaratan lain pendaftaran CPNS 2023 berupa dokumen tambahan berbeda-beda sesuai dengan instansi yang dipilih juga harus diperhatikan.

Beberapa berkas tersebut antara lain Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Keterangan Belum Menikah, dan Surat Keterangan Bebas Narkoba.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts