Home » Pengalaman Menko Airlangga Naik Whoosh: ‘Pergerakan Stabil, Kualitas Bagus

Pengalaman Menko Airlangga Naik Whoosh: ‘Pergerakan Stabil, Kualitas Bagus

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 2 Oktober 2023, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, turut merasakan sensasi perjalanan menggunakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), yang resmi diberi nama “Whoosh.”

Menko Airlangga menyatakan kesan positifnya terhadap kestabilan dan kualitas pergerakan KCJB setelah menjajalnya dari Stasiun Halim ke Stasiun Padalarang, Bandung Barat, pada Rabu (11/10/2023).

Whoosh, demikian nama resmi kereta cepat tersebut, diduga menjadi yang pertama di Indonesia dan Asia Tenggara dengan kecepatan rata-rata mencapai 350 km/jam. Dengan kecepatan tersebut, perjalanan sepanjang 142,3 km dari Jakarta ke Bandung hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit.

Kereta Cepat Whoosh memiliki empat stasiun pemberhentian, yaitu Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar, serta dapat menampung hingga 601 penumpang dengan tiga kelas layanan: VIP, First Class (Kelas 1), dan Second Class (Kelas 2).

Fasilitas yang disediakan termasuk stopkontak, footrest, rak bagasi, gantungan tas, mini bar, dan toilet aksesibel dengan sensor otomatis.

Sebelum dioperasikan, Whoosh telah menjalani uji coba dari 15 hingga 30 September 2023, di mana partisipasi publik mencapai lebih dari 49 ribu penumpang. Respons antusias ini mencerminkan tingginya minat masyarakat terhadap kemudahan, kenyamanan, dan efisiensi yang ditawarkan oleh Kereta Cepat Whoosh.

Menteri Airlangga juga menyampaikan rencana pemerintah untuk melanjutkan proyek kereta cepat hingga Surabaya guna memperluas jangkauan layanan kepada lebih banyak masyarakat. Dengan dukungan angkutan lanjutan atau feeder, Whoosh diintegrasikan dengan moda transportasi lainnya, termasuk Transit Oriented Development (TOD).

Menko Airlangga, dalam kesempatan tersebut, menyapa dan berdialog langsung dengan penumpang. Menurut beberapa penumpang, fasilitas yang nyaman dan tarif yang sesuai membuat Whoosh menjadi pilihan transportasi yang menarik.

“Satu kata untuk Whoosh. Cepat,” ujar Menko Airlangga.

Turut hadir dalam perjalanan tersebut adalah Anggota DPR RI, Juru Bicara Kemenko Perekonomian Haryo Limanseto, serta perwakilan dari Kedeputian Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian dan Pejabat KCJB. Melalui Whoosh, pemerintah membuka babak baru dalam transportasi modern yang efisien dan ramah lingkungan, menghubungkan kota-kota utama dengan kecepatan dan kenyamanan. (AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts