Home » Dubes Palestina Surati Masjid di Seluruh Indonesia Minta Isu Palestina Dibahas dalam Khotbah Salat Jum’at

Dubes Palestina Surati Masjid di Seluruh Indonesia Minta Isu Palestina Dibahas dalam Khotbah Salat Jum’at

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al Shun, diketahui mengirim Surat ke seluruh masjid di Indonesia.

Surat itu berisi permintaan agar masjid di seluruh Indonesia dalam khotbah Jumat pada 13 Oktober 2023 membahas isu Palestina, Baitul Maqdis, Al-Aqsa, dan menegaskan bahwa pendudukan Israel terhadap Palestina adalah pelanggaran terhadap hak-hak rakyat Palestina.

Surat itu dikirimkan Zuhair menyusul kembali meningkatnya ketegangan antara Israel dan Palestina sejak 7 Oktober 2023 lalu.

Merespon hal tersebut, Kementerian Luar Negeri mengaku menyayangkan aksi Dubes Palestina tersebut.

Menurut Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhamad Iqbal, hampir seluruh masjid di Indonesia selalu mendoakan saudara-saudara Muslim di Palestina, Afghanistan, atau wilayah konflik lainnya, sesuai ajaran Islam, tanpa perlu dikirimi surat resmi seperti itu.

Iqbal juga mengaku pihaknya telah menyampaikan kritik mereka ke kedutaan Palestina.

“Kami juga sudah sampaikan ke Kedutaan Palestina, sayangnya permintaan itu disampaikan secara resmi dalam bentuk surat. Seharusnya beliau (Dubes Palestina) melakukan pertemuan dengan pihak-pihak tersebut,” kata Iqbal dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat, 13 Oktober 2023.

Namun demikian, Iqbal mengaku Indonesia bisa memahami aksi Dubes Palestina tersebut sebagai bagian dari tugasnya dalam memajukan hubungan antarpemerintah dan antarmasyarakat kedua negara.

Setelah salinan surat dikonfirmasi, Zuhair dalam suratnya itu juga mengucapkan terima kasih kepada pengurus masjid-masjid Indonesia atas dukungan terhadap Palestina, khususnya Al-Aqsa, dan perjuangan kemerdekaan rakyat Palestina.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts