Home » Sebut Mendamaikan Israel – Palestina Jauh dari Kapasitas Kita, Anies Usul Anak-anak Palestina Dievakuasi Sementara ke Indonesia

Sebut Mendamaikan Israel – Palestina Jauh dari Kapasitas Kita, Anies Usul Anak-anak Palestina Dievakuasi Sementara ke Indonesia

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Anies Baswedan, Bacawapres Koalisi Perubahan, berbicara perihal upaya penyelesaian konflik Israel – Palestina dalam rangka strategi politik luar negeri Indonesia.

Soal sengketa kedua negara tersebut, Israel – Palestina, Anies tegas mengatakan bukan kapasitas Indonesia untuk menyelesaikannya. Akan tetapi, ia berpendapat bahwa Indonesia bisa mengambil peran lain.

“Kita tidak usah berpretensi bisa menyelesaikan konflik Israel-Palestina. Itu jauh sekali dari sisi kemampuan, kapasitas kita,” ujar Anies pembicara mengenai arah dan strategi politik luar negeri di CSIS Auditorium, Pakarti Center, Jakarta Pusat, Rabu (08/11/2023).

“Kita menyadari bahwa dari pengalaman kita. Ketika kita mencoba kemerdekaan dulu, tidak mungkin ada peperangan yang menghasilkan perdamaian, tidak mungkin,” lanjut Anies.

Salah satu jalan yang bisa ditempuh oleh Pemerintah Indonesia untuk membantu Palestina adalah menurut Anies adalah dengan membantu mengevakuasi anak-anak Palestina untuk tinggal sementara di Indonesia. Anies menilai itu bukan opsi sukar.

“Apa susahnya bawa mereka ke sini? Lihat mereka kehidupan di sini. Bisa ratus bisa ribu, tinggal di sini. Melihat bagaimana kita bisa bersatu, tenang, teduh, bawa pengalaman itu, mereka pulang,” lanjutnya.

Selain itu, Anies juga mengatakan Indonesia bisa mewujudkan kemerdekaan bagi Palestina di level pendidikan kultural.

“Jadi proaktifnya itu bukan hanya di level politik, tapi di level pendidikan, pendidikan kultural. Di sisi mana yang bisa kita reach out. Tujuannya membantu mempercepat terjadinya persatuan di situ,” tuturnya.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts