Home » Pemerintah Gencarkan Langkah Strategis untuk Meningkatkan Daya Saing Industri Baja Nasional

Pemerintah Gencarkan Langkah Strategis untuk Meningkatkan Daya Saing Industri Baja Nasional

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Menko Airlangga Hartarto, mewakili Bapak Presiden Joko Widodo, memberikan pembukaan resmi pada acara Indonesian Iron and Steel Industry Association (IISIA) Business Forum 2023, yang digelar di ICE BSD, Tangerang, pada Kamis (9/11/2023).

Dalam laporan industri, konsumsi baja nasional selama lima tahun terakhir mencapai rata-rata 15,62 juta ton/tahun, sementara produksi mencapai nilai rata-rata sebesar 12,46 juta ton/tahun hingga tahun 2022.

Trend positif juga terlihat dalam sektor ekspor industri besi dan baja, meningkat dari USD7,9 miliar pada tahun 2019 menjadi USD28,5 miliar pada tahun 2022.

Menko Airlangga, melalui akun Facebooknya @airlanggahartarto, menekankan potensi besar pasar domestik, sumber daya, bahan baku, tenaga kerja, dan teknologi di Indonesia.

“Indonesia adalah the largest steel production di ASEAN,” tulisnya.

Pemerintah terus berkomitmen untuk meningkatkan daya saing industri baja nasional. Langkah-langkah strategis termasuk kebijakan Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) untuk bersaing di pasar global, mendorong investasi melalui insentif seperti tax holiday dan tax allowance, serta mempromosikan penggunaan energi terbarukan.

Pemerintah juga akan intensif dalam pengawasan barang yang beredar agar sesuai spesifikasi dan ketentuan.

“Saya berharap industri baja nasional kita dapat semakin kuat dan maju, membawa manfaat dan berkah bagi seluruh rakyat, bangsa, dan negara,” tambah Menko Airlangga.

Dengan inisiatif ini, Indonesia berada dalam posisi yang kuat untuk memperkuat peran sebagai pemimpin produksi baja di wilayah ASEAN, dengan potensi manfaat ekonomi yang signifikan. (AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts