Home ยป Israel Menyerang Kediaman Bos Hamas Ismail Haniyeh

Israel Menyerang Kediaman Bos Hamas Ismail Haniyeh

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Jet tempur Israel menghantam rumah Ismail Haniyeh, kepala biro politik organisasi teroris Hamas, kata Pasukan Pertahanan Israel (IDF) pada Kamis (16/11/2023).

IDF mengklaim bahwa rumah tersebut โ€œdigunakan sebagai infrastruktur teroris dan, antara lain, sebagai tempat pertemuan para pejabat senior organisasiโ€.

โ€œSemalam, jet tempur IDF menyerang kediaman Ismail Haniyeh, Kepala Biro Politik Hamas. Kediaman tersebut digunakan sebagai infrastruktur teroris dan tempat pertemuan para pemimpin senior Hamas untuk mengarahkan serangan teroris terhadap Israel,โ€ tulis IDF dalam postingan mereka di X.

Selain itu, tentara Israel mengklaim telah menemukan dan menghancurkan gudang senjata milik angkatan laut Hamas, yang diduga berisi peralatan selam, alat peledak, dan senjata.

Selama operasi tersebut, IDF mengatakan bahwa mereka menargetkan dan menyerang individu yang diidentifikasi sebagai teroris sambil menemukan berbagai senjata, termasuk sabuk peledak, barel peledak, RPG, rudal anti-tank, peralatan komunikasi, dan dokumen intelijen.

Pasukan Israel menyebarkan selebaran yang memperingatkan warga Palestina untuk meninggalkan bagian selatan Gaza, kata penduduk pada hari Kamis, menandakan kemungkinan perluasan operasi ke daerah di mana ratusan ribu orang yang mengindahkan perintah evakuasi sebelumnya berkumpul di tempat penampungan dan rumah keluarga yang dikelola PBB.

Sementara itu, tentara terus menggeledah Rumah Sakit Shifa di utara, dalam penggerebekan yang dimulai Rabu pagi namun belum menemukan bukti keberadaan pusat komando Hamas yang menurut Israel tersembunyi di bawah kompleks tersebut. Hamas dan staf di rumah sakit tersebut, yang merupakan rumah sakit terbesar di Gaza, membantah tuduhan tersebut.

Memperluas serangan ke wilayah selatan โ€“ tempat Israel melancarkan serangan udara setiap hari โ€“ mengancam akan memperburuk krisis kemanusiaan yang sudah parah di wilayah yang terkepung. Lebih dari 1,5 juta orang menjadi pengungsi di Gaza, dan sebagian besar mengungsi ke wilayah selatan, dimana makanan, air dan listrik semakin langka.

Perang tersebut, yang kini memasuki minggu keenam, dipicu oleh serangan besar-besaran Hamas ke Israel selatan pada 7 Oktober yang menewaskan lebih dari 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, dan menangkap sekitar 240 pria, wanita, dan anak-anak. Israel menanggapinya dengan kampanye udara selama berminggu-minggu dan invasi darat ke Gaza utara, dan bersumpah untuk menyingkirkan Hamas dari kekuasaannya dan menghancurkan kemampuan militernya.

Lebih dari 11.200 warga Palestina telah terbunuh, dua pertiga dari mereka adalah perempuan dan anak di bawah umur, menurut otoritas kesehatan Palestina. Sebanyak 2.700 orang lainnya dilaporkan hilang, dan sebagian besar diyakini terkubur di bawah reruntuhan. Penghitungan resmi tidak membedakan antara kematian warga sipil dan militan.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts