Home » Hari Orang Miskin Sedunia 2023: Paus Fransiskus Ajak Dunia untuk Bertanggung Jawab dan Berbagi Harapan

Hari Orang Miskin Sedunia 2023: Paus Fransiskus Ajak Dunia untuk Bertanggung Jawab dan Berbagi Harapan

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Dalam perayaan Hari Orang Miskin Sedunia tahun ini, Paus Fransiskus mengajak seluruh umat manusia untuk tidak memalingkan wajah dari saudara-saudara yang membutuhkan bantuan.

Perayaan yang diinisiasi oleh Paus Fransiskus pada tahun 2017 ini kembali dirayakan pada hari Minggu ketiga bulan November. Tahun ini temanya adalah “Jangan memalingkan wajahmu dari siapa pun yang miskin.”

Salah satu inisiatif yang ditekankan dalam perayaan ini, mengutip Vatican News, Minggu (19/11/2023), adalah upaya untuk mengatasi kesulitan dalam mengakses layanan kesehatan, terutama bagi orang miskin.

Klinik Rawat Jalan Bunda yang Berbelas Kasih (Mother of Mercy) di Roma menjadi cahaya harapan dengan menawarkan layanan medis gratis kepada tunawisma dan mereka yang membutuhkan.

Lebih dari 50 tenaga medis dan personel berpartisipasi dalam memberikan pemeriksaan medis, menulis resep, dan memberikan obat-obatan secara gratis kepada mereka yang tidak mampu membayar.

Upacara Misa Kudus di Basilika Santo Petrus yang dipimpin oleh Paus Fransiskus menjadi momen tradisional pada Hari Miskin Sedunia. Orang miskin dari seluruh Italia turut berpartisipasi, didukung oleh organisasi amal.

Setelah itu, Sang Paus bergabung dengan orang miskin dan pengungsi di Aula Paulus VI untuk makan siang yang diadakan oleh Dikasteri Pelayanan Kepedulian.

Dalam Pesan untuk Hari Orang Miskin Sedunia tahun ini, Paus Fransiskus menyuarakan keprihatinan bahwa suara mereka yang hidup dalam kemiskinan seringkali tidak terdengar di tengah tekanan untuk mengadopsi gaya hidup yang berkecukupan. Ia mendorong agar dunia menjadi lebih peka terhadap kebutuhan orang miskin.

Komunitas Sant’Egidio, yang tersebar di seluruh dunia dan berbasis di Roma, juga aktif mendengarkan jeritan orang miskin. Mereka telah mengorganisir inisiatif di Eropa, Afrika, Asia, dan Amerika Latin untuk membantu lansia, anak-anak jalanan, pengungsi, dan narapidana.

Sebelum perayaan ini, Sant’Egidio mengeluarkan pernyataan bahwa Hari Orang Miskin Sedunia adalah kesempatan bagi semua orang di seluruh dunia untuk menerima pesan solidaritas dan harapan, mengajak semua orang untuk memulai kembali.

Melalui inisiatif-inisiatif ini, dunia diingatkan untuk bersatu dalam solidaritas dan memberikan harapan kepada mereka yang membutuhkan, mengubah Hari Orang Miskin Sedunia menjadi momentum untuk bertanggung jawab dan berbagi kebaikan.(AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts