Home ยป Paus Fransiskus Akan Bertemu Keluarga Tawanan di Gaza untuk Mendorong Pembebasan dan Perdamaian

Paus Fransiskus Akan Bertemu Keluarga Tawanan di Gaza untuk Mendorong Pembebasan dan Perdamaian

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Paus Fransiskus akan menjadwalkan pertemuan dengan keluarga tawanan yang ditahan di Gaza selama audiensi umumnya pada Rabu, 22 November 2023. Direktur Kantor Pers Takhta Suci, Matteo Bruni, seperti dilansir dari aleteia.org, mengonfirmasi rencana ini pada malam 17 November.

Dalam langkah kemanusiaan, Paus akan bertemu secara terpisah dengan keluarga-keluarga warga Palestina yang menderita akibat konflik di Gaza.

Paus Fransiskus, yang secara aktif mengadvokasi untuk menghentikan perang di Tanah Suci sejak serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober, semakin meningkatkan seruannya untuk pembebasan semua tawanan dan gencatan senjata di wilayah tersebut.

Dalam upaya mendukung korban di kedua belah pihak, Paus Fransiskus akan bertemu dengan keluarga-keluarga Israel yang memiliki anggota keluarga sebagai tawanan, sekaligus memberikan dukungan kepada keluarga-keluarga korban Palestina dari konflik tersebut.

Matteo Bruni menyampaikan dalam siaran persnya, โ€œDengan pertemuan-pertemuan ini, yang bersifat semata-mata kemanusiaan, Paus ingin menunjukkan kedekatan spiritualnya terhadap penderitaan semua orang.โ€

Bruni juga menambahkan, mengutip Paus, โ€œSetiap manusia, Kristen, Yahudi, Muslim, dari setiap bangsa atau agama, setiap manusia adalah suci, berharga di mata Tuhan, dan berhak hidup dalam perdamaian.โ€

Saat ini, sekitar 240 orang ditahan oleh Hamas di Jalur Gaza. Pada serangan 7 Oktober yang dilakukan oleh Hamas, hampir 1.200 orang diperkirakan tewas di pihak Israel.

Di sisi lain, pimpinan Hamas memperkirakan bahwa sekitar 12.000 warga Palestina telah tewas sejak dimulainya perang, termasuk 5.000 anak-anak.

Jumat pagi lalu, Kardinal Sekretaris Negara Pietro Parolin menekankan bahwa โ€œpembebasan tawanan [merupakan] salah satu titik fundamental untuk penyelesaianโ€ konflik di Tanah Suci.

Parolin juga mengungkapkan bahwa diplomasi Vatikan sedang berusaha menyelenggarakan pertemuan antara Paus dan keluarga-keluarga tawanan.

โ€œKami sedang bekerja pada hal itu, dan kami berharap dapat mencapainya sesegera mungkin,โ€ katanya, di sela-sela acara yang dihadiri oleh I.MEDIA. (AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts