Home » PSN Raih Sukses: Investasi Rp1.4 Triliun dalam 8 Tahun, Menko Airlangga Mendorong Kelanjutan Proyek

PSN Raih Sukses: Investasi Rp1.4 Triliun dalam 8 Tahun, Menko Airlangga Mendorong Kelanjutan Proyek

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Pemerintah Indonesia terus berkomitmen untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi melalui investasi infrastruktur yang inovatif. Pernyataan ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam acara Malam Apresiasi Sewindu PSN di Jakarta pada Jumat (24/11/2023).

Menurut Menko Airlangga, Pemerintah kini tengah merancang peraturan skema pembiayaan non APBN, termasuk Hak Pengelolaan Terbatas (Limited Concession Scheme) dan Land Value Capture, untuk mendukung investasi infrastruktur di masa depan.

Dalam 8 tahun terakhir, sebanyak 173 Proyek Strategis Nasional (PSN) telah dioperasikan dengan nilai investasi mencapai Rp1.442,3 triliun. Pemerintah menekankan pentingnya mempertahankan momentum ini dan melanjutkan proyek-proyek PSN untuk menciptakan konektivitas yang kuat dan efek positif di seluruh Indonesia.

Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) saat ini tengah melakukan kajian tentang dampak ekonomi dari pembangunan infrastruktur PSN serta pengaruhnya terhadap kemandirian daerah.

Seiring dengan itu, Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 8 Tahun 2023 tentang Perubahan Daftar PSN telah dirilis, mencakup 204 proyek dan 13 program.

Pandangan ke depan menunjukkan fokus pada pembangunan infrastruktur digital sebagai upaya mendukung era Industri 4.0. Pemerintah melihat potensi ekonomi digital ASEAN mencapai USD330 miliar pada 2025, meningkat menjadi USD1 triliun pada 2030, sepertiganya berasal dari Indonesia. Skema Digital Economic Agreement Framework (DEFA) diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan sektor ekonomi digital.

Pemerintah telah meluncurkan inisiatif ‘Making Indonesia 4.0’ sebagai roadmap untuk meningkatkan adopsi teknologi di sektor-sektor kunci. Tujuan inisiatif ini adalah meningkatkan produktivitas industri hingga 26% dari PDB pada 2030. Kebijakan hilirisasi komoditas sumber daya alam juga didorong untuk memberikan nilai tambah dan mendukung ekonomi hijau.

Capaian positif terlihat pada sektor investasi, dengan realisasi investasi pada triwulan III 2023 meningkat 21,6%, mencapai total Rp374,4 triliun. Menko Airlangga menegaskan konsistensi pemerintah dalam menjaga nilai realisasi investasi per tahun, terutama pada sektor energi terbarukan, teknologi, dan manufaktur.

Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian, Wahyu Utomo, menambahkan bahwa kerja keras bersama diperlukan untuk memastikan manfaat dari proyek-proyek ini dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Acara Sewindu PSN di tahun 2023 menjadi platform penyosialisasian pencapaian pembangunan PSN sebagai pilar utama menuju Indonesia Emas 2045.

Malam Apresiasi Sewindu PSN, sebagai acara penutup, memberikan penghargaan kepada para sponsor, mengumumkan pemenang perlombaan, dan menyerahkan Kolase Lukisan Infrastruktur terbesar di Indonesia yang mendapatkan Rekor MURI. Hadir dalam acara tersebut adalah sejumlah pejabat tinggi negara dan perwakilan dari berbagai kementerian terkait. (AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts