Home » KPU Rilis Jadwal Resmi Debat Capres-Cawapres Pemilu 2024

KPU Rilis Jadwal Resmi Debat Capres-Cawapres Pemilu 2024

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengeluarkan jadwal resmi debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilu 2024.

Menurut tetapan itu, debat akan diadakan sebanyak lima kali. Berikut jadwal lengkapnya.

Debat pertama: 12 Desember 2023

Debat kedua: 22 Desember 2023

Debat ketiga: 7 Januari 2024

Debat keempat: 21 Januari 2024

Debat kelima: 4 Februari 2024

KPU memastikan bahwa keseluruhan debat capres-cawapres akan digelar di Jakarta dan akan disiarkan melalui stasiun televisi.

Merujuk pada Keputusan KPU Nomor 1621 Tahun 2023 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Kampanye Pemilu, debat capres-cawapres akan berlangsung selama 150 menit dengan rincian, 120 menit untuk segmen debat, dan 30 menit untuk jeda komersial.

Model debat dilakukan dengan format kandidat-moderator, dengan pendalaman materi yang dipandu oleh moderator yang mana berdasarkan UU Pemilu, akan dipilih oleh KPU dari kalangan profesional dan akademisi dengan integritas tinggi, jujur, simpatik, dan tidak memihak.

Terkait tema debat, KPU mengatur bahwa tema debat Pemilu 2024 merujuk pada visi nasional dan akan ditetapkan secara persis setelah melakukan koordinasi dengan pasangan capres-cawapres dan/atau tim kampanye masing-masing pasangan calon.

“Tema spesifik setiap debat pasangan calon disusun bersama dengan panelis sesuai dengan bidang keahliannya, baik dari kalangan profesional, akademisi, maupun tokoh masyarakat,” kata Ketua KPU Hasyim Asy’ari.

Salah satu ketentuan lain perihal debat capres-cawapres ini ialah bahwa masing-masing pasangan capres-cawapres tidak bisa diwakili orang lain dalam debat.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts