Home ยป Puting Beliung Hantam Manggarai, Puluhan Rumah Rusak Parah

Puting Beliung Hantam Manggarai, Puluhan Rumah Rusak Parah

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Puluhan rumah di Kelurahan Bangka Leda, Golo Dukal, dan Kelurahan Pau, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, mengalami kerusakan parah akibat diterpa angin puting beliung pada Selasa, (9/1/2024).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Manggarai seperti dilansir dari ekorantt.com, segera merespon kejadian ini dengan mengidentifikasi jumlah dan tingkat kerusakan rumah yang terdampak.

Kepala Pelaksana BPBD Manggarai, Stefanus Tawar, menyatakan, โ€œKita akan turunkan tim teknis untuk menentukan bentuk bantuan yang akan diberikan kepada masyarakat terdampak.โ€

Tim teknis BPBD Manggarai dijadwalkan akan turun ke tiga kelurahan yang terkena dampak, yaitu Kelurahan Bangka Leda, Golo Dukal, dan Pau. Jenis bantuan yang disiapkan berupa seng rumah, namun, Tawar menegaskan bahwa prioritas utama adalah melihat jenis dan tingkat kerusakannya.

โ€œKalau yang roboh nanti didorong ke Dinas Perumahan Rakyat. Kalau BPBD memberikan bantuan darurat saja,โ€ ungkapnya.

Camat Langke Rembong, Yohanes Ndahur, mengungkapkan bahwa tiga kelurahan terdampak dalam peristiwa ini. Rincian kerusakan meliputi 12 unit rumah di Kelurahan Pau, 32 unit rumah di Golo Dukal, dan 13 rumah di Kelurahan Bangka Leda.

Data ini merupakan hasil identifikasi yang dilakukan oleh lurah setempat pada Selasa, 9 Januari 2024.

โ€œEsok akan dilakukan identifikasi final oleh BPBD, dibantu oleh pihak kelurahan,โ€ kata Yohanes, menambahkan bahwa masyarakat Langke Rembong diharapkan tetap waspada dan mengantisipasi dampak dan potensi bencana lebih lanjut.

โ€œBesok, akan dilakukan pertemuan dengan Kepala BMKG Frans Sales Lega untuk mempelajari lebih lanjut tentang dampaknya,โ€ tutupnya.(AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts