Home ยป Panglima TNI Agus Subiyanto Tegaskan Netralitas dan Kesiapan TNI dalam Mengamankan Pemilu 2024

Panglima TNI Agus Subiyanto Tegaskan Netralitas dan Kesiapan TNI dalam Mengamankan Pemilu 2024

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Sejak dilantik menjadi Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto menegaskan komitmen TNI untuk tetap netral dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

Pernyataan ini disampaikan pertama kali dalam kunjungan kerja Kapuspen TNI, Mayjen TNI Nugraha Gumilar, ke Redaksi tvOne di Pulogadung, Jakarta Timur pada Rabu (17/01/2024).

Kapuspen TNI, Mayjen TNI Nugraha Gumilar, menjelaskan bahwa TNI telah merancang buku saku Netralitas TNI sebagai pedoman bagi seluruh prajurit.

Hal ini bertujuan agar prajurit dapat memahami tugasnya dan memastikan keterlibatan yang netral terkait Pemilu 2024. TNI berkomitmen untuk menjaga pelaksanaan Pemilu agar berjalan dengan damai, aman, dan lancar.

โ€œPanglima TNI sudah memberikan perintah ke jajaran bawahan dan selalu mengadakan evaluasi kepada seluruh jajaran di bawah. Meskipun tidak ada pelaksanaan tugas yang sempurna, kami berusaha melakukan dengan kemampuan kami untuk mengaplikasikan netralitas TNI ini dengan sebaik mungkin,โ€ ujar Mayjen TNI Nugraha Gumilar.

Selain menegaskan netralitas, TNI juga menyiapkan seluruh sarana Alutsista (Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara) untuk membantu mendistribusikan logistik Pemilu hingga ke daerah-daerah terpencil.

Mayjen TNI Nugraha Gumilar menjelaskan bahwa TNI akan bekerja sama dengan Polisi, di mana Polisi akan berada di depan dan TNI siap melakukan penebalan untuk daerah-daerah yang memerlukan pengamanan khusus.

Daerah terpencil juga sudah dipetakan dengan bantuan Babinsa yang mengenal wilayahnya.

โ€œTNI dilibatkan karena TNI tahu persis daerah-daerah tertentu, bagaimana cara mencapai ke sana. Distribusi logistik Pemilu sudah berjalan dengan baik, dan sebagian besar sudah sampai ke daerah-daerah,โ€ jelas Mayjen TNI Nugraha Gumilar.

Sementara itu, TNI membuka posko-posko pengaduan netralitas TNI di seluruh wilayah Indonesia untuk menerima pengaduan dan kritik dari masyarakat.

Mayjen TNI Nugraha Gumilar menegaskan bahwa TNI siap mengkoordinasikan dengan Bawaslu untuk menindaklanjuti laporan masyarakat terkait anggota TNI yang tidak netral.

โ€œTNI pun merangkul teman-teman dari media untuk sama-sama membangun berita/informasi yang menyejukkan. Setelah pesta demokrasi ini, harapan kita semua bisa kembali hidup tenang, Pemilu dilaksanakan dengan lancar, kita bisa bekerja dengan baik, bisa menafkahi keluarga dengan baik, dan ada hal yang lebih penting yaitu membangun bangsa ini ke depan harus semakin maju demi mencapai kesejahteraan untuk rakyat Indonesia,โ€ pungkas Mayjen TNI Nugraha Gumilar.(AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts