Home ยป Bupati Manggarai Barat Ajak Masyarakat Tanam Bambu untuk Ekonomi Lokal

Bupati Manggarai Barat Ajak Masyarakat Tanam Bambu untuk Ekonomi Lokal

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, mengajak seluruh masyarakat Kecamatan Ndoso untuk aktif menanam bambu guna mendukung ekonomi lokal dan menciptakan ketahanan pangan.

Pernyataan ini disampaikan saat kunjungan kerja di Kecamatan Ndoso pada Selasa (6/2/2024).

Edi Endi menyoroti manfaat bambu yang sangat beragam dan menekankan nilai ekonomi tinggi yang dapat dihasilkan dari tanaman tersebut.

Ia juga menginformasikan tentang pembangunan Rumah Produksi Bambu (RPB) di Labuan Bajo yang memproduksi berbagai produk, termasuk kusen, meja, kursi, lantai bambu, dan peralatan lainnya dari bahan dasar bambu.

โ€œPemerintah telah membangun pabriknya di Labuan Bajo yaitu Rumah Produksi Bambu (RPB). Bahan bakunya harus dari Manggarai Barat, jika kurang, baru kita datangkan dari Kabupaten tetangga,โ€ kata Edi Endi.

Menurut Bupati Edi Endi, RPB bukan hanya berkontribusi pada ketahanan pangan, tetapi juga memiliki keuntungan ekonomis yang signifikan.

Selain itu, tanaman bambu juga dapat melindungi sumber mata air dan menjadi solusi terhadap krisis iklim yang tengah melanda dunia.

โ€œMenanam bambu sebagai bentuk konkret program ketahanan pangan. Tunas bambu atau rebung, menjadi alternatif pangan yang mempunyai nilai gizi yang tinggi yang bisa dimakan dalam rangka pemenuhan gizi keluarga, terutama anak-anak usia pertumbuhan sebagai makanan pendamping Air Susu Ibu,โ€ tambahnya.

Bupati Edi Endi mengimbau seluruh kepala desa di Kecamatan Ndoso untuk berinovasi dalam mengembangkan strategi baru yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Ia mendorong agar desa menjadi subyek untuk kemajuan, dengan menciptakan solusi inovatif dan mengurangi ketergantungan terhadap bantuan pemerintah.

โ€œHarus optimis dan punya komitmen. Kita harus menjadi subyek untuk kemajuan, menjadi raja di tanah sendiri. Belum terlambat kita mulai mendorong ekonomi rakyat yang produktif, mengurangi ketergantungan terhadap semua jenis bantuan-bantuan pemerintah. Tugas pemimpin mencari strategi untuk wujudkan itu, harus menyiapkan instrumen yang inovatif,โ€ tandas Edi Endi.(AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts