Home » Joko Pinurbo: Sang Maestro Puisi yang Selalu Menginspirasi Meninggal Dunia

Joko Pinurbo: Sang Maestro Puisi yang Selalu Menginspirasi Meninggal Dunia

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Sastra Indonesia merasakan kehilangan yang mendalam dengan berpulangnya salah satu penyair terkemuka, Joko Pinurbo, pada usia 61 tahun di Yogyakarta, Sabtu (27/4/2024) pagi.

Joko Pinurbo, yang dikenal dengan panggilan akrab Jokpin, dianggap sebagai salah satu penyair paling berpengaruh di Indonesia. Karya-karyanya telah memberikan warna baru dalam panorama sastra Indonesia.

Kabar duka ini diumumkan oleh Mirna Yulistianti, Editor dari Penerbit Gramedia Pustaka Utama, yang telah lama mengedit karya-karya Jokpin.

Mirna menerima kabar tersebut langsung dari istri Jokpin, Nurnaeni Amperawati Firmina, melalui aplikasi WhatsApp pada Sabtu pagi.

Menurut Mirna, Jokpin menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Panti Rapih, Yogyakarta. Informasi dari istri Jokpin mengungkapkan bahwa ia dirawat inap di RS Panti Rapih sejak Jumat (26/4) malam.

Jenazah Joko Pinurbo akan disemayamkan di Rumah Duka PUKY, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sebelum dimakamkan di Kabupaten Sleman, DIY, pada Minggu (27/4), demikian informasi yang diambil dari akun Instagram harian Kompas.

Kehilangan Joko Pinurbo meninggalkan duka yang mendalam dalam dunia sastra Indonesia. Semangat dan dedikasinya dalam mencipta puisi akan selalu dikenang, serta karyanya akan terus menginspirasi generasi-generasi mendatang.(AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts