Home » Grace Natalie Ditunjuk Jadi Komisaris Perusahaan Tambang BUMN, Ini Kisaran Gaji Bulanannya

Grace Natalie Ditunjuk Jadi Komisaris Perusahaan Tambang BUMN, Ini Kisaran Gaji Bulanannya

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Grace Natalie Louisa, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI), resmi ditunjuk menjadi Komisaris BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID).  Penetapan ini berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2023.

Keputusan pengangkatan Grace sebagai komisaris tersebut ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2023, Selasa (11/6/2024).

Gaji Grace Natalie sebagai seorang komisaris diatur dalam Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor Per-3/mbu/03/2023 Tahun 2023 tentang Organ dan Sumber Daya Manusia Badan Usaha Milik Negara.

Dalam Pasal 83 Permen BUMN tersebut dijelaskan, anggota dewan komisaris/dewan pengawas BUMN akan diberikan honorarium yang ditetapkan dengan komposisi faktor jabatan sebagai berikut:

  • Komisaris utama/ketua Dewan Pengawas BUMN sebesar 45 persen dari direktur utama BUMN
  • Wakil komisaris utama/wakil ketua Dewan Pengawas BUMN sebesar 42,5 persen dari direktur utama BUMN
  • Anggota Dewan Komisaris/Dewan Pengawas BUMN sebesar 90 persen dari komisaris utama/ketua Dewan Pengawas BUMN.

Besaran honorarium komisaris utama/ketua Dewan Pengawas BUMN ditetapkan oleh RUPS/Menteri setiap tahun selama 1 (satu) tahun terhitung sejak bulan Januari tahun berjalan.

Sementara itu, pedoman perhitungan honorarium komisaris utama/ketua Dewan Pengawas BUMN ditetapkan oleh Menteri.

Berdasarkan Laporan Tahunan Inalum (sebelum menjadi MIND ID) 2019 gaji direktur utama Orias Petrus Moedak adalah sebesar Rp 325 juta per bulannya.

Artinya, jika gaji komisaris utama dan anggota dewan komisaris adalah 45 persen dari honorarium direktur utama, maka komisaris utama akan mendapatkan Rp146,25 juta dan anggota dewan komisaris Rp 131,65 juta.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts