Home » Paus Fransiskus: Tugas Bidang Doktrin Iman Bukan Mencari Kesalahan Doktrinal, Tetapi Mendorong Pengetahuan Teologis

Paus Fransiskus: Tugas Bidang Doktrin Iman Bukan Mencari Kesalahan Doktrinal, Tetapi Mendorong Pengetahuan Teologis

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Melansir Catholic News Agency (CNA), pengumuman pada 1 Juli perihal penunjukan Uskup Agung Víctor Manuel Fernández menjadi kepala Dikasteri untuk Ajaran Iman oleh Paus Fransiskus disertai dengan sepucuk surat yang dialamatkan Bapa Suci kepada teolog Argentina itu.

Sementara penunjukan Fernández mengejutkan banyak orang, surat paus juga telah menarik perhatian karena mengungkapkan visinya terhadap Dikasteri untuk Ajaran Iman, salah satu jabatan paling penting dan berkuasa di Kuria Roma.

Paus mengatakan dalam surat itu bahwa Dikasteri kadang-kadang mempromosikan satu kecenderungan untuk mencari “kesalahan doktrinal” daripada “mendorong pengetahuan teologis.”

“Apa yang saya harapkan dari Anda tentu sesuatu yang sangat berbeda,” kata Fransiskus. “Saya meminta Anda sebagai prefek untuk mendedikasikan komitmen pribadi Anda dengan cara yang lebih langsung pada tujuan utama Dikasteri, yaitu memelihara iman.’”

Paus mengingatkan apa yang menjadi urgensi pengajaran iman, bahwa “semua gagasan teologis yang pada akhirnya mempertanyakan kemahakuasaan Tuhan, dan rahmat-Nya khususnya, tidak lagi memadai”.[i] Kita, menurutnya, “membutuhkan cara berpikir yang secara meyakinkan dapat menghadirkan Tuhan yang mencintai, yang mengampuni, yang menyelamatkan, yang membebaskan, yang mendorong orang dan memanggil mereka untuk pelayanan persaudaraan.”

Paus mengatakan bahwa “arus pemikiran yang berbeda dalam filsafat, teologi, dan praktik pastoral, jika terbuka untuk didamaikan oleh Roh dalam rasa hormat dan cinta, dapat memungkinkan Gereja untuk tumbuh.”

“Adalah baik bahwa tugas Anda mengungkapkan bahwa Gereja ‘mendorong karisma para teolog dan upaya ilmiah mereka’ selama mereka tidak ‘puas dengan teologi yang terisolasi dalam meja kerja mereka’ dengan ‘logika yang dingin dan keras yang berusaha mendominasi segalanya.’”

Berikut Terjemahan Lengkap Surat Paus dalam Bahasa Indonesia

Kepada Yang Terhormat Yang Mulia

Uskup Agung Víctor Manuel Fernández

Kota Vatikan, 1 Juli 2023

Saudaraku terkasih,

Sebagai prefek baru dari Dikasteri untuk Ajaran Iman, saya mempercayakan kepada Anda sebuah tugas yang saya anggap sangat berharga. Tujuan utamanya adalah untuk menjaga ajaran yang mengalir dari iman dalam rangka “memberi alasan bagi pengharapan kita, tetapi bukan sebagai musuh yang mengkritik dan mengutuk”.[ii]

Dikasteri yang akan Anda pimpin dalam kesempatan lain telah menggunakan metode tidak bermoral. Hal itu adalah saat-saat ketika, alih-alih mempromosikan pengetahuan teologis, kemungkinan kesalahan doktrinallah yang justru dikejar. Apa yang saya harapkan dari Anda tentu sesuatu yang sangat berbeda.

Anda telah melayani sebagai dekan Fakultas Teologi Buenos Aires, presiden Masyarakat Teologi Argentina dan presiden Komisi Keyakinan dan Budaya Keuskupan Argentina, dalam segala kasus dipilih oleh rekan-rekan Anda, yang karenanya telah menghargai karisma teologis Anda. Sebagai rektor Universitas Katolik Kepausan Argentina, Anda mendorong integrasi pengetahuan yang sehat. Di sisi lain, Anda adalah pastor paroki “Santa Teresita” dan sampai sekarang menjadi uskup agung La Plata, di mana Anda tahu bagaimana menghadirkan pengetahuan teologis ke dalam dialog dengan kehidupan Umat Allah yang kudus.

Mengingat bahwa untuk masalah disipliner — terutama terkait dengan pelecehan terhadap anak di bawah umur — baru-baru ini telah dibuat Bagian khusus dengan para profesional yang sangat kompeten, saya meminta Anda sebagai Prefek untuk mendedikasikan komitmen pribadi Anda lebih langsung pada tujuan utama Dikasteri, yaitu “menjaga iman”.[iii]

Agar tidak membatasi pentingnya tugas ini, perlu ditambahkan bahwa ini adalah perihal “meningkatkan pemahaman dan transmisi iman dalam pelayanan evangelisasi, sehingga cahayanya dapat menjadi kriteria untuk memahami makna keberadaan, terutama dalam menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan perkembangan masyarakat”.[iv] Isu-isu ini, menyatu dalam pewartaan pesan Injil yang diperbarui, “menjadi alat evangelisasi”[v] karena isu-isu tersebut memungkinkan kita untuk masuk ke dalam komunikasi dengan “situasi kita saat ini, yang dalam banyak hal belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah umat manusia”.[vi]

Selain itu, Anda tahu bahwa Gereja “bertumbuh dalam interpretasinya terhadap firman yang diwahyukan dan dalam pemahamannya tentang kebenaran”[vii] tanpa menyiratkan pemaksaan satu cara tunggal untuk mengungkapkannya. Karena “Arus pemikiran yang berbeda dalam filsafat, teologi, dan praktik pastoral, jika terbuka untuk didamaikan oleh Roh dalam rasa hormat dan cinta, dapat memungkinkan Gereja untuk bertumbuh”.[viii] Pertumbuhan yang harmonis ini akan melestarikan doktrin Kristen secara lebih efektif daripada mekanisme kontrol apa pun.

Adalah baik bahwa tugas Anda menyatakan bahwa Gereja “mendorong karisma para teolog dan upaya ilmiah mereka” selama mereka tidak “puas dengan teologi yang berputar di sekitar meja kerja mereka”[ix], dengan “logika dingin dan keras yang berupaya untuk mendominasi segalanya”.[x] Akan selalu benar bahwa realitas lebih unggul dari gagasan. Dalam pengertian ini, kita membutuhkan teologi untuk memperhatikan kriteria mendasar: untuk mempertimbangkan bahwa “semua gagasan teologis yang pada akhirnya mempertanyakan kemahakuasaan Tuhan, dan rahmat-Nya khususnya, tidak memadai”.[xi] Kita membutuhkan cara berpikir yang secara meyakinkan dapat menghadirkan Tuhan yang mencintai, yang mengampuni, yang menyelamatkan, yang membebaskan, yang mempromosikan orang dan memanggil mereka untuk pelayanan persaudaraan.

Ini terjadi jika “pesan harus berkonsentrasi pada hal-hal yang hakiki, pada apa yang paling indah, paling agung, paling menarik dan pada saat yang sama paling diperlukan”.[xii] Anda sangat menyadari bahwa ada tatanan yang harmonis di antara kebenaran pesan kita, dan bahaya terbesar terjadi ketika isu-isu sekunder akhirnya membayangi isu-isu sentral.

Dalam cakrawala yang kaya ini, tugas Anda juga menyiratkan perhatian khusus untuk memverifikasi bahwa dokumen Dikasteri Anda sendiri dan yang lain memiliki dukungan teologis yang memadai, koheren dengan kekayaan yang subur dari ajaran abadi Gereja dan pada saat yang sama mempertimbangkan Magisterium terbaru.

Semoga Santa Perawan melindungi dan mengawasi Anda dalam misi baru ini. Tolong jangan berhenti berdoa untukku.

Salam Persaudaraan, (AP).


[i] International Theological Commission, “The Hope of Salvation for Infants who die without being baptized” (19 April 2007), 2.

[ii] Apostolic Exhortation Evangelii Gaudium (24 November 2013), 271.

[iii] Motu proprio Fidem Servare (11 February 2022), Introduction.

[iv] Ibid., 2.

[v] Apostolic Exhortation Evangelii Gaudium (24 November 2013), 132.

[vi] Encyclical Letter Laudato Si’ (24 May 2015), 17.

[vii] Apostolic Exhortation Evangelii Gaudium (24 November 2013), 40.

[viii] Ibid.

[ix] Apostolic Exhortation Evangelii Gaudium (24 November 2013), 133.

[x] Apostolic Exhortation Gaudete et Exsultate (19 March 2018), 39.

[xi] International Theological Commission, “The Hope of Salvation for Infants who die without being baptized” (19 April 2007), 2.

[xii] Apostolic Exhortation Evangelii Gaudium (24 November 2013), 35.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts