Home » Perekonomian Indonesia Melampaui Ekspektasi: Menko Airlangga Mengumumkan Pertumbuhan Ekonomi yang Luar Biasa

Perekonomian Indonesia Melampaui Ekspektasi: Menko Airlangga Mengumumkan Pertumbuhan Ekonomi yang Luar Biasa

by Media Nuca

MEDIA NUCA– Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengumumkan pencapaian luar biasa dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia yang melebihi ekspektasi berbagai analis dan lembaga ekonomi. Pernyataan ini disampaikan dalam pembukaan The 30th Gaikindo Indonesia International Auto Show di Tangerang. Banten, Kamis (10/8/2023).

Menko Airlangga menyatakan bahwa kemampuan resiliensi ekonomi Indonesia menjadi poin penting dalam pencapaian ini.

Menurut Menko Airlangga, GNI per capita Indonesia saat ini mencapai USD $4.580 dan diharapkan akan mencapai USD $5.500 pada akhir tahun 2024. Hal ini menunjukkan perkembangan positif dan daya saing ekonomi Indonesia, yang mendapat respon positif dari Sekjen OECD.

Menko Airlangga menjelaskan bahwa Indonesia telah menyatakan minat untuk menjadi anggota OECD, menjadikan Indonesia sebagai negara Asia Tenggara yang berminat untuk bergabung dengan organisasi ekonomi global tersebut.

Pertumbuhan ekonomi yang kuat, terutama pada kuartal II-2023, didukung oleh sektor industri pengolahan yang tumbuh 4,88% (yoy) dengan kontribusi 18,25% terhadap PDB. Industri Alat Angkutan juga mencatatkan pertumbuhan positif yang signifikan selama sembilan kuartal berturut-turut. Pada kuartal kedua tahun 2023, pertumbuhan industri alat angkutan mencapai 9,66% dengan kontribusi 1,42% terhadap PDB Nasional.

“Backbone dari pertumbuhan ini adalah industri otomotif,” ungkap Menko Airlangga, menggarisbawahi peran penting sektor otomotif dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Menteri Airlangga juga merujuk pada hasil laporan terbaru dari Institute for Management Development (IMD) yang menunjukkan peningkatan daya saing Indonesia, naik 10 peringkat dari peringkat 44 menjadi peringkat 34. Menurutnya, keberhasilan ini sebagian besar berkat implementasi Undang-Undang Cipta Kerja, khususnya reformasi dalam bidang perburuhan.

Di akhir sambutannya, Menko Airlangga menyampaikan komitmen pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekspor dan penggunaan kendaraan listrik guna mengurangi dampak karbon. Ia juga mengharapkan bahwa hasil dari The 30th Gaikindo Indonesia International Auto Show tahun ini akan melampaui pencapaian tahun-tahun sebelumnya.

Tidak hanya berbicara, Menko Airlangga juga aktif dalam kegiatan tersebut dengan meninjau seluruh booth pameran. Ia juga secara simbolis menyematkan sertifikasi TKDN pada produk asli buatan Indonesia yang dipamerkan dalam acara tersebut.

Turut hadir dalam acara ini berbagai tokoh penting, termasuk Menteri Perindustrian, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Staf Khusus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Ketua Umum Gaikindo, dan para undangan terkait. Kehadiran mereka menunjukkan dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi dan industri Indonesia. (AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts