Home ยป RIP: YM. Mgr. Vincentius Sutikno Beristirahatlah Dalam Damai

RIP: YM. Mgr. Vincentius Sutikno Beristirahatlah Dalam Damai

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ REQUIESCAT IN PACE Beristirahatlah dalam damai. YM. Mgr. Vincentius Sutikno Wisaksono (26 September 1953 โ€“ 10 Agustus 2023), Uskup Keuskupan Surabaya, telah dipanggil pulang ke Rumah Bapa di Surga pada pagi hari ini, Kamis, 10 Agustus 2023, pukul 10.29 WIB, di RS S. Vincentius A Paulo (RZK), Surabaya, setelah menjalani perawatan selama beberapa hari.

Mgr. Sutikno ditunjuk oleh Paus Benediktus XVI pada 3 April 2007 untuk menggembalai umat di Keuskupan Surabaya, dan menerima tahbisan episkopal pada 29 Juni 2007 di Stadion Jala Krida Mandala Akademi Angkatan Laut, Morokrembangan, Surabaya.

Ketika wabah pandemi Covid-19 merajalela, Mgr. Sutikno termasuk bilangan para uskup Indonesia yang terkena, dan harus dirawat di RKZ pada 6-18 Januari 2021.

Awal tahun 2022, atau akhir tahun 2021, Mgr. Sutikno kembali dirawat di RKZ. Kabar yang beredar saat itu adalah beliau dalam kondisi kriitis karena kanker prostat. Namun kabar itu telah dibantah oleh RD Paulus Febrianto, sekretaris keuskupan, meski mengakui bahwa Mgr. Sutikno sempat menerima Sakramen Minyak Suci.

Mgr. Sutikno adalah anak kedua dari tiga bersaudara, dan dari antara mereka, Oei Tik Hauw, nama kecil beliau, yang paling gampang sakit.

Semoga jiwanya boleh beristirahat dalam damai karena belas kasihan Tuhan.

[Pax Christi]

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts