Home » Jokowi Diusulkan jadi Ketum PDIP, Ini Kata Hasto Kristiyanto

Jokowi Diusulkan jadi Ketum PDIP, Ini Kata Hasto Kristiyanto

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Mencuat usulan agar Presiden Jokowi jadi  Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) menggantikan Megawati Soekarnoputri.

Usulan itu disampaikan putra sulung Presiden Pertama Indonesia sekaligus kakak Megawati, Guntur Soekarnoputra.

Elite PDIP pun buka suara terkait usulan tersebut. Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, partainya sedang fokus menghadapi Pemilu 2024.

Ia mengaku bahwa PDIP belum memberi perhatian ke Kongres yang merupakan forum penentuan ketua umum.

“Kongres kan lama, kongres kan 2025. Jadi, kita masih fokus untuk pileg, pilpres,” kata Djarot di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 3 Oktober 2023. 

Djarot menyampaikan, untuk saat ini para kader PDIP masih fokus ke memenangkan Pemilu 2024.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa usulan nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan dan menjadikan Megawati Soekarnoputri sebagai Dewan Pembina diterima sebagai masukan, tapi penentunya tetap melalui kongres.

Seperti kata Djarot, Hasto lebih lanjut menyebut partainya saat ini masih fokus pada pemenangan Pemilu dan Pilpres 2024.

“Ya, sebagai gagasan, tentu saja kami menerima sebagai masukan,” ujar Hasto di sela-sela Rakernas IV PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (29/9/2023).

Hasto mengatakan proses pergantian atau suksesi kepemimpinan Ketua Umum PDIP baru akan dibahas setelah pemilu. Sementara forum pergantian ketua umum, akan dilakukan lewat Kongres keenam partai yang akan digelar pada 2025.

Dalam forum itu, kata Hasto, proses transisi pergantian ketua umum akan ditentukan oleh suara kader.

“Nah, di dalam kongres itu, kedaulatan berada di tangan anggota. Itu lembaga pengambil keputusan tertinggi, sehingga itulah yang nanti mekanisme yang berjalan di dalam partai,” katanya.

Hasto juga menambahkan bahwa PDIP memiliki tradisi politik arus bawah yang mendengarkan suara seluruh anggota partai.

“Karena kongres itu akan diikuti oleh seluruh utusan dari tingkat yang paling bawah,” ujar dia.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts