Home ยป Menko Airlangga Ajak Institut Teknologi Del Mendorong Ekonomi Digital Indonesia

Menko Airlangga Ajak Institut Teknologi Del Mendorong Ekonomi Digital Indonesia

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Menko Airlangga, dalam acara Wisuda dan Dies Natalis Institut Teknologi Del yang ke-22, memberikan ucapan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati.

Ia mengungkapkan, โ€œSaya lihat wajahnya cerah sama dengan masa depanny,โ€ ungkap Menko Airlangga, pada Sabtu (23/9/2023).

Institut Teknologi Del di Sumatera Utara dikenal sebagai salah satu kampus terbaik Indonesia yang telah mencatat prestasi gemilang di tingkat nasional maupun internasional, terutama dalam bidang teknologi informasi dan rekayasa perangkat lunak.

Menko Airlangga juga menggarisbawahi pentingnya peran ekonomi digital dalam strategi pengembangan ekonomi Indonesia.

โ€œIni menjadi strategi pengembangan ekonomi digital, yang pertama SDM melalui talenta digital, dan ini terima kasih kepada Pak Luhut yang telah mendorong bahwa Del konsentrasinya di IT,โ€ ujar Menko Airlangga.

Dalam acara tersebut, Menko Airlangga menyampaikan bahwa ekonomi Indonesia saat ini berada dalam kondisi sangat baik, dengan pertumbuhan ekonomi yang kuat dibandingkan dengan banyak negara lainnya di dunia. Bahkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia telah bertahan di atas 5% selama tujuh kuartal berturut-turut, mencapai angka 5,17% pada kuartal kedua tahun 2023.

Menko Airlangga menekankan bahwa untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju, transformasi digital harus menjadi salah satu fokus utama.

Transformasi ini diharapkan mampu mendukung pertumbuhan eksponensial dan lompatan pendapatan. Selain itu, bonus demografi yang akan mencapai puncaknya pada tahun 2041 juga harus dimanfaatkan dengan bijak, dengan memastikan ketersediaan teknologi dan tenaga kerja yang memadai.

โ€œJadi ini juga menjadi satu hal yang sangat dekat dengan para alumnus Del, bahwa digital adalah masa depan. Dengan strategi yang tepat, ekonomi digital ini akan semakin berkembang,โ€ kata Menko Airlangga.

Pemerintah sendiri telah mengadopsi sejumlah strategi untuk mengembangkan ekonomi digital, termasuk melalui ASEAN Digital Economy Framework Agreement, peningkatan kualifikasi SDM melalui penciptaan talenta digital, peningkatan infrastruktur digital, serta mendukung bisnis ekonomi digital untuk mendorong technopreneurship dan digitalpreneurship.

Selain itu, upaya dilakukan untuk memperkuat keamanan dan privasi data serta mempromosikan riset dan inovasi melalui kerja sama dengan universitas dan dunia usaha.

Menko Airlangga berharap bahwa Institut Teknologi Del akan menjadi pelopor dalam riset dan teknologi, serta mencetak lulusan-lulusan yang mampu menjadi technopreneur dan berkontribusi dalam program percepatan implementasi โ€œMaking Indonesia 4.0โ€ dan pengembangan ekonomi digital di Indonesia. Ia juga mendukung pengembangan pusat keamanan siber (cybersecurity) di IT Del.

Dalam sesi doorstop dengan awak media, Menko Airlangga menyoroti kebutuhan akan talenta digital di Indonesia.

โ€œKarena ini kan IT Del, jadi kaitan dengan digitalisasi, Indonesia butuh 9 juta talenta digital. Berarti setiap tahun dalam 15 tahun ini butuh tidak kurang dari 500 ribu. Jadi lulusan Del harus diperbanyak di daerah lain. Kita harus mengembangkan ekonomi, tapi juga untuk SDM dari Indonesia,โ€ tegas Menko Airlangga.

Dengan komitmen untuk mengembangkan talenta digital dan mendorong transformasi digital, Institut Teknologi Del diharapkan akan menjadi salah satu motor penggerak utama dalam mencapai visi Indonesia sebagai negara maju yang berbasis teknologi. (AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts