Home ยป Panglima TNI dan Ketua Umum Dharma Pertiwi Meriahkan ‘Istana Berkebaya’ dalam Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI

Panglima TNI dan Ketua Umum Dharma Pertiwi Meriahkan ‘Istana Berkebaya’ dalam Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. bersama Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Vero Yudo Margono turut memeriahkan acara โ€œIstana Berkebayaโ€ yang diselenggarakan di Istana Kepresidenan untuk menyambut HUT Ke-78 Kemerdekaan RI.

Acara yang berlangsung di depan Istana Negara Jl. Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, pada Minggu (6/8/2023), menjadi side event menghadapi peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke-78.

Istana Berkebaya menjadi momen penting dalam melestarikan kearifan lokal warisan budaya bangsa yang telah diwariskan secara turun temurun. Meskipun budaya berkebaya menarik minat wisatawan mancanegara, namun di kalangan perempuan, terutama remaja Indonesia, minatnya masih kurang. Oleh karena itu, acara peragaan ini bertujuan untuk mengangkat popularitas kebaya dan memastikan keberlanjutan budaya ini di abad milenium ini.

Lebih jauh, kekhasan budaya kebaya diharapkan dapat menjadi bagian penting dari identitas bangsa Indonesia serta menjadi kekuatan karakter bangsa yang memperkuat posisinya sebagai negara besar.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Iriana Jokowi dan Wapres Maโ€™ruf Amin bersama istri turut hadir dalam Event Istana Berkebaya. Selain itu, para Menteri Kabinet Indonesia Maju juga hadir dalam acara bergengsi ini.

Acara Istana Berkebaya diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Sekretariat Negara, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk mempromosikan nasionalisme melalui keberagaman budaya berkebaya. Ratusan peserta berpartisipasi dalam peragaan busana yang berlangsung di atas panggung catwalk sepanjang 200 meter di depan Istana Negara.

Para peserta peragaan busana terdiri dari para menteri perempuan, istri menteri, istri para duta besar, pejabat, dan pegawai di lingkungan Sekretariat Negara serta Sekretariat Kabinet. Selain peragaan busana, acara ini juga dimeriahkan dengan pertunjukan seni tari dan musik, panggung budaya, serta pameran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Dengan diselenggarakannya โ€œIstana Berkebaya,โ€ diharapkan semakin banyak orang yang menyadari pentingnya melestarikan kebudayaan Indonesia serta meningkatnya minat masyarakat, terutama generasi muda, terhadap kebaya sebagai salah satu simbol budaya bangsa. Acara ini memberikan ruang bagi peningkatan apresiasi terhadap kearifan lokal dan keberagaman budaya Indonesia. (AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts