Home ยป Sinergi Polres Simalungun dan BAWASLU dalam Upaya Menjaga Kualitas Pemilu 2024

Sinergi Polres Simalungun dan BAWASLU dalam Upaya Menjaga Kualitas Pemilu 2024

by Media Nuca

MEDIA NUCA โ€“ Dalam rangka memperkuat sinergi dan menjaga integritas penyelenggaraan Pemilu 2024, Kapolres Simalungun, AKBP Choky Sentosa Meliala, S.I.K., S.H., M.H., melakukan kunjungan resmi ke Kantor BAWASLU Kabupaten Simalungun pada Jumat (12/1/2024).

Kunjungan ini dilakukan sebagai upaya bersama untuk memastikan kualitas dan integritas dalam penyelenggaraan Pemilu serta membangun kesadaran publik atas pentingnya partisipasi dalam pengawasan pemilu.

Kegiatan kunjungan, yang berlangsung di Kantor BAWASLU di Jln.Saribu dolok, No.16 Panei Tonga, Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun, dihadiri oleh Kasat Intelkam Polres Simalungun IPTU Teguh Raya Putra Sianturi, dan personil Polres Simalungun yang terlibat dalam Satgas Gakumdu.

Di pihak BAWASLU Kabupaten Simalungun, hadir Ketua BAWASLU Adillah Februari Purba, Komisioner BAWASLU Surya Indra Ariawan, Charlles Munthe, Purba Dimanson Purba, Sekretaris BAWASLU Safrul, S.E, beserta staf.

Kapolres Simalungun, AKBP Choky Sentosa Meliala, dalam sambutannya menyampaikan kesadaran akan dinamika politik yang semakin hangat di wilayah tersebut.

โ€œKami menghadapi berbagai tantangan dan kesempatan dalam melaksanakan proses demokrasi yang berkualitas. Kepolisian Simalungun memahami perfeksinya situasi ini dan kami selalu siap menjaga stabilitas keamanan,โ€ ucapnya.

Selanjutnya, Kapolres menegaskan bahwa Polres Simalungun terus memantau perkembangan dinamika politik di Kabupaten Simalungun sebagai bagian dari tugas mereka untuk mengamankan proses demokrasi dan mencegah pelanggaran yang dapat mengganggu integritas pemilu.

Mengenai netralitas Polri, AKBP Choky Sentosa Meliala menegaskan bahwa di internal Polri sendiri sudah ada banyak aturan yang mengikat anggota untuk tetap bersikap netral selama proses pemilu berlangsung.

โ€œKami ingin mendapat konfirmasi langsung dari rekan-rekan BAWASLU dan bagaimana kita bisa menjalin kerja sama yang lebih baik lagi di masa yang akan datang,โ€ tambahnya.

Dalam pertemuan yang berlangsung hingga pukul 12.15 WIB, Kapolres bersama Ketua BAWASLU Kabupaten Simalungun membahas koordinasi kerja terkait Pemilu tahun 2024.

AKBP Choky Meliala menekankan pentingnya pemantauan dinamika politik yang semakin memanas dan menegaskan kesiapan Polres Simalungun untuk mendukung BAWASLU dalam menjalankan tugasnya, terutama dalam menciptakan lingkungan Pemilu yang aman dan terpercaya.

Dari pihak BAWASLU, Adillah Februari Purba mengucapkan terima kasih atas inisiatif kunjungan dari pihak kepolisian dan menyatakan bahwa sinergi yang terjalin selama ini telah sangat baik.

Ia juga menginformasikan bahwa Gakkumdu telah berjalan sesuai fungsinya dan mengharapkan dukungan kontinu dari Polres Simalungun untuk kesuksesan penyelenggaraan Pemilu 2024 yang aman dan berkualitas.

Kunjungan ini menjadi manifestasi konkret dari upaya bersama antara aparat penegak hukum dan lembaga pengawas pemilu dalam menciptakan kondisi yang kondusif bagi demokrasi yang sehat di Kabupaten Simalungun.(AD)

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts