Home » KPK Rampungkan Laporan Gratifikasi Kaesang, Diumumkan Besok

KPK Rampungkan Laporan Gratifikasi Kaesang, Diumumkan Besok

by Media Nuca

MEDIA NUCA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku telah menyelesaikan laporan terkait dugaan gratifikasi yang melibatkan anak bungsu Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep.

Hal ini dikonfirmasi oleh Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan. Nainggolan menyebut bahwa laporan tersebut telah diserahkan kepada Pimpinan KPK.

“Sudah rampung. Hari ini sama-sama kirim ke pimpinan KPK, nanti pimpinan yang umumkan,” tegas Nainggolan pada, Senin (23/9/2024).

Ditanyai perihal kapan laporan tersebut diumumkan ke publik, Nainggolan menyebut kemungkinan hasil laporan tersebut akan diumumkan besok.

“Sepertinya besok,” katanya.

Terpisah, juru bicara (Jubir) KPK, Tessa Mahardhika Sugiarto menyebut bahwa laporan tersebut masih dalam tahap penyelesaian administratif di Direktorat Gratifikasi dan Direktorat Penerimaan Layanan Pengaduan Masyarakat (PLPM).

Diketahui, pemeriksaan kasus gratifikasi terhadap Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tersebut merupakan buntut hebohnya eksibisi kemewahan keluarga presiden di tengah naiknya utang negara di akhir masa pemerintahan Jokowi, baru-baru ini.

Hal itu bermula ketika warganet mengkritik keras penggunaan jet pribadi kaesang dan istrinya ke luar negeri beberapa pekan sebelumnya.

Tak hanya mengkritik, warganet juga mendorong KPK mengusut dugaan gratifikasi terhadap Kaesang yang menyebut jet yang ia tumpangi tersebut milik temannya.

Dugaan gratifikasi tersebut diangkat masyarakat lantaran Kaesang adalah keluarga istana yang sangat mungkin mendapat privilese timbal balik kuasa presiden dengan kepentingan bisnis para konglomerat.

You may also like

Leave a Comment

TENTANG KAMI

MEDIA NUCA berfokus pada isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Media ini bertujuan untuk menyajikan informasi yang relevan dan berimbang dari tingkat internasional, nasional, hingga tingkat lokal.

Feature Posts